Selasa 12 Jul 2016 13:22 WIB

Monumen Bung Hatta di Bukittinggi Dibuka untuk Pengunjung

Monumen bung Hatta.
Foto: Bukittinggiwisata.com
Monumen bung Hatta.

REPUBLIKA.CO.ID, BUKITTINGGI -- Pemerintah Kota Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar), membuka Taman Monumen Bung Hatta sebagai salah satu lokasi wisata bagi masyarakat mulai Selasa (12/7). Dibukanya lokasi tersebut dimulai dengan pembersihan area monumen oleh petugas kebersihan Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) dan dibantu armada pemadam kebakaran setempat.

"Lokasi ini awalnya merupakan aset provinsi, pemkot tidak dapat menganggarkan dana untuk perawatan dan memanfaatkannya. Sehingga kami upayakan aset ini dapat dihibahkan pada pemkot," kata Wali Kota Bukittinggi, M Ramlan Nurmatias.

Menurutnya, Taman Monumen Bung Hatta yang berlokasi di samping Gedung Tri Arga tersebut dapat menjadi salah satu destinasi wisata pendidikan dan sejarah bagi warga yang berkunjung. Ia menyebutkan, pemerintah akan segera melengkapi lokasi tersebut dengan sejumlah fasilitas yang dapat memberikan informasi bagi masyarakat tentang salah satu proklamator tersebut.

"Bukittinggi merupakan Kota Perjuangan, banyak sejarah perjuangan bangsa Indonesia yang terjadi di sini, sehingga masyarakat perlu mengetahuinya, salah satunya melalui dibukanya monumen ini untuk umum," katanya.

Sementara, di hari pertama dibukanya monumen tersebut, ramai oleh pengunjung yang datang silih berganti untuk berfoto.

Salah seorang warga setempat yang datang ke lokasi itu, Linda mengatakan mengapresiasi dibukanya monumen itu bagi pengunjung. "Dihidupkannya taman ini, dapat menonjolkan Bukittinggi sebagai kota perjuangan karena dulu pernah menjadi ibukota RI sementara," katanya.

Taman Monumen Bung Hatta dibuka tanpa dipungut biaya setiap hari mulai pukul 6.00 sampai 18.00 WIB dan hingga pukul 21.00 WIB pada hari libur. 

 

baca juga: 10 'Bali Baru' Bakal Makin Diperkenalkan kepada Turis Australia

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement