Kamis 07 Jul 2016 14:56 WIB

Menikmati Wisata Gajah di Taman Nasional Way Kambas

Rep: Debbie Sutrisno/ Red: Andi Nur Aminah
Gajak di pusat kegiatan Way Kambas, Lampung.
Foto: Indonesia Travell
Gajak di pusat kegiatan Way Kambas, Lampung.

REPUBLIKA.CO.ID, LAMPUNG TIMUR -- Ratusan ribu pemudik telah berlayar dari Pelabuhan Merak ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung. Pemudik ini banyak berjalan menuju Provinsi Lampung dan sejumlah kota dan provinsi lain di Sumatra.

Usai berlebaran dan bersilaturahim dengan keluarga, tempat makan dan wisata menjadi tujuan lain setelah berkumpul dengan keluarga. Untuk pemudik yang berada di Provinsi Lampung, sejumlah pantai nan indah memang masih menjadi pilihan yang memiliki daya tarik besar.

Namun selain sejumlah pantai yang cantik, Lampung sebenarnya memiliki wisata alam di Taman Nasional (TN) Way Kambas. Bertempat di Kabupaten Lampung Timur, taman nasional ini memberikan wisata rekreasi keluarga dengan kelompok gajah yang siap menemani. "Disini ada beberapa rekreasi yang biasa dinikmati dengan kelompok gajah yang terlatih," ujar Humas TN Way Kambas ‎Sukatmoko, Rabu (7/7).

Sukatmoko menjelaskan, Taman Nasional Way Kambas menjadi salah satu tempat wisata gajah, bahkan menjadi taman nasional tertua yang memiliki gajah. Bukan hanya sekadar penangkaran gajah, taman nasional ini juga memberikan wisata dan edukasi untuk masyarakat sekitar maupun wisatawan yang sedang datang ke Lampung.

Menurut Sukatmoko. di Taman Nasional Way Kambas, wisatawan bisa bermain menyenangkan dengan gajah. Mereka bisa naik gajah dengan tenang sambil berfoto ria. "Gajahnya sudah jinak. Walaupun mereka awalnya dari taman nasional, tapi gajah-gajah ini sudah jinak dan bisa diajak bermain," ungkap dia.

Bukan hanya naik gajah, wisatawan khususnya yang datang membawa anak mereka bisa menonton atraksi gajah. Gajah-gajah ini dilatih untuk bermain bola, menari, menghitung dan berbagai keahlian lainnya.

Dengan keahlian ini, semua gajah yang dilatih tidak akan mengejar wisatawan yang menonton gajah dari dekat. Justru masyarakat bisa menyentuh dan membelai gajah yang atraksi di taman nasional ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement