Sabtu 09 Jul 2016 06:15 WIB

Betulkah Urutan Kelahiran Menentukan Kepribadian Anak?

Rep: MGROL69/ Red: Andi Nur Aminah
Anak-anak bersaudara (ilustrasi)
Foto: Guardian
Anak-anak bersaudara (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Konon, banyak kabar yang menjelaskan tentang bagaimana urutan kelahiran anak menentukan kepribadian mereka ke depan. Selama lebih dari 100 tahun lalu, psikolog telah memperdebatkan hubungan antara urutan kelahiran dan kepribadian.

    

Beberapa membahas tentang sindrom anak tengah. Sindrom ini membahas tentang bagaimana anak tengah cenderung memiliki sikap negatif. Hal ini dikarenakan kurangnya perhatian dari orang tua. Anak sulung akan diberikan hak-hak istimewanya sebagai anak utama dan kebebasan tertentu pada anak bungsu.

Anak tengah akan merasa terabaikan dan cenderung memiliki sikap mudah marah. Anak sulung cenderung berpikir untuk lebih peduli tentang bagaimana menyenangkan orang tua mereka, menjadi pribadi yang teliti dan dominan. Sedangkan anak bungsu menjadi figur yang lebih santai, ramah dan kreatif.

Namun, seperti dilansir Guardian, dua studi besar melihat kepada 400 ribu orang sampel. Studi menunjukkan bahwa pernyataan tersebut sebagian besar hanyalah sebuah mitos. Yang perlu ditekankan, ukuran tentang karakter ini hanya sebagian kecil. Urutan kelahiran sebesar satu persen hanya menjelaskan tentang keterkaitannya dengan kepribadian. Sehingga dapat dikatakan bahwa kelebihan dan kelemahan seseorang dalam hal kepribadian dan kecerdasan tidak hanya ditentukan dari urutan anak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement