Senin 27 Jun 2016 08:35 WIB

Bagaimana Menjadi Ayah yang Baik? Simak Ini

Rep: MGROL69/ Red: Andi Nur Aminah
Ayah dan anak bayinya
Foto: Boldsky
Ayah dan anak bayinya

REPUBLIKA.CO.ID, Dalam perkembangan sang buah hati, tidak sedikit orang yang menganggap peran ibu yang paling penting. Ibu cenderung mengerti perasaan anaknya dan mendidik dengan lebih lembut. Sebagian dari orang lupa jika peran ayah juga penting dalam perkembangan anaknya. Ini karena ayah menghabiskan sebagian besar waktu mereka sibuk dengan pekerjaan.

Nyatanya, anak-anak melihat ayah mereka sebagai tokoh pelindung. Ayah selalu ada untuk mendukung mereka dalam segala hal. Sehingga tugas penting seorang ayah untuk berkomunikasi dan memahami anak-anak mereka.

Dilansir Boldsky, ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menjadi ayah yang luar biasa.

    

Luangkan waktu yang berkualitas

Di tengah kesibukan kerja, sangat penting bagi para ayah untuk menghabiskan waktu dengan anak mereka setiap hari. Bahkan ini dapat dilakukan di waktu-waktu yang sebentar namun rutin. Hal ini dikarenakan setiap anak membutuhkan waktu bersama ayahnya. Kebanyakan ayah berpikir bahwa mengurus anak adalah tugas dari istri mereka. Hal ini yang mengakibatkan adanya jarak antara anak dan ayah.

Jangan melakukan kekerasan psikis

    

Ayah cenderung terlalu keras dalam mendidik anaknya. Bahkan tidak sedikit yang menggunakan kekerasan fisik sebagai sarana mendisiplinkan anak. Namun, dengan memarahi atau memukul anak dapat memengaruhi psikologis negatif mereka. Mereka mungkin akan berbalik melawan dan mulai tidak menyukai ayahnya.

Jadilah figur ayah yang baik

    

Kebanyakan anak belajar dari perilaku orang tua terutama ayahnya. Maka sangat penting bagi para ayah untuk menjadi figur ayah yang baik. Caranya dengan mengajarkan mereka untuk menghormati ibunya, menjauhi kejahatan, mengajarkan tentang moral bersabar dan sikap baik. Hal ini akan membuat anak-anak belajar untuk sesuatu yang positif dan tubuh menjadi figur yang teladan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement