Jumat 24 Jun 2016 10:30 WIB

Manusia Kembali Lawan Alien di Independence Day: Resurgence

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Andi Nur Aminah
Independence Day: Resurgence
Foto: Comingsoon
Independence Day: Resurgence

REPUBLIKA.CO.ID, Alien kembali menyerang bumi. Kali ini, armada mereka jauh lebih masif dibandingkan 20 tahun silam. Penyerangan spesies dari galaksi lain tersebut dilancarkan persis pada 4 Juli, Hari Kemerdekaan Amerika Serikat. Program pertahanan global yang dibangun komunitas internasional pascaserangan dua dekade lalu tak cukup menangkal invasi mendadak itu.

Sebagian dunia hancur, korban berjatuhan, dan umat manusia di ambang kepunahan. Pada kondisi mendesak itu, sebuah bantuan tiba-tiba datang menerbitkan secercah harapan.

Film bencana bergenre fiksi ilmiah Independence Day: Resurgence adalah sekuel dari film Independence Day yang dirilis pada 1996. Sang sutradara, Roland Emmerich, menghadirkan wajah-wajah baru yang mendominasi setelah jeda dua puluh tahun.

Amerika Serikat kini dipimpin oleh Presiden Elizabeth Lanford (Sela Ward) yang menggantikan Presiden Thomas J Whitmore (Bill Pullman). Generasi baru tim pilot seperti Jake Morrison (Liam Hemsworth), Dylan Dubrow-Hiller (Jessie Usher), Charlie Miller (Travis Tope), dan Rain Lao (Angelababy) telah menggantikan tim Kapten Steven Hiller (Will Smith) yang dikisahkan telah tewas.

Sekuel ini memiliki banyak pengembangan alur cerita serta sisipan kisah humanis cinta, keluarga, dan persahabatan. Sutradara Emmerich menggambarkannya dengan cukup gamblang sehingga penonton tidak akan kebingungan meski belum menyaksikan film pendahulunya.

Kekuatan utama film ada pada kemampuan Emmerich mengatur ketegangan pada keseluruhan film. Dosis tepat unsur aksi dan efek visual yang ciamik juga membuat penonton berdebar menantikan kelanjutan adegan demi adegan.

Meski begitu, film ini tampak tak banyak berbeda dengan sejumlah film bencana lain besutan Emmerich. Pria yang menyutradarai film The Day After Tomorrow itu juga menyiratkan sekuel lanjutan mengenai pertarungan antargalaksi.

Independence Day: Resurgence mendapat rating 55 persen di laman Rotten Tomatoes, skor 49 di Metacritics, dan 6,3 bintang di laman imdb.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement