Rabu 22 Jun 2016 22:17 WIB

Potret Renaissance di London Underground

Rep: MGROL69/ Red: Andi Nur Aminah
Lukisan di London underground
Foto: Mashable
Lukisan di London underground

REPUBLIKA.CO.ID, London underground atau jaringan angkutan cepat Inggris menjadi salah satu pusat kehidupan masyarakat kota tersebut. Tak heran jika kesibukan selalu terlihat dari bangunan yang berdiri hampir 153 tahun lalu.

Desain dari London underground ini bisa dibilang terlihat modern dan mengikuti zaman. Lalu, bagaimana jika sebuah lukisan Renaissance abad ke-16 tampak di sana?

    

Seorang fotografer London bernama Matt Crabtree membuat penampilan kereta menjadi tidak biasa. Ia merubah tabung kereta dengan gambar orang asing yang terinspirasi oleh lukisan Renaissance. Saya sedang duduk di antara banyak penumpang lainnya dalam perjalanan di dalam tabung kereta seperti biasa. Ketika saya melihat ke atas, saya memikirkan seorang wanita dengan hood beludru dalam pose klasik.

"Ia berada di dunia yang indah dengan kesendiriannya, dan jauh dari kebisingan semuanya. Sebuah lukisan Flemish abad ke-16 muncul dipikiran saya saat itu," ungkap Crabtree kepada Mashable.

 

Menurutnya, tabung London ini cukup sempurna untuk potret Renaissance abad ke-16. Orang-orang biasanya duduk dengan tangan terlipat di lutut mereka atau memainkan gadget mereka seperti kitab. Dengan latar belakang terowongan hitam yang untuk menghindari kontak mata atau membaca iklan yang membosankan. Hal ini sangat tepat untuk menempatkan lukisan sempurna ini.

Crabtree membuat setiap foto dalam komposisi yang tepat. Ia merubah sedikit dasarnya dan membuat sketsa menggunakan Snapseed. Kemudian ia mengungah foto ini menggunakan wi-fi dalam tabung kereta. Ia lalu membuat beberapa foto yang akan di tampilkan selama perjalanan kereta.

    

Potret tabung ini telah menerima banyak perhatian media. Crabtree berencana mengumpulkan foto-foto tersebut ke dalam sebuah buku dan menampilkannya dalam sebuah pameran. "Ini saya lakukan hanya untuk melewati waktu di perjalanan yang membosankan, berubah menjadi sesuatu yang sangat istimewa," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement