Jumat 17 Jun 2016 20:18 WIB
Ancol Luar Biasa

Pencipta Theme Song Dufan dan Garuda Pancasila adalah Orang yang Sama

Rep: Qommarria Rostanti/ Red: Winda Destiana Putri
Dunia Fantasi
Dunia Fantasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagian warga DKI Jakarta pastilah pernah mengunjungi arena rekreasi Dunia Fantasi (Dufan). Jika Anda cermati, semenjak Dufan berdiri pada 1985 hingga kini, theme song Dufan tidak pernah berubah.

Namun tahukah Anda siapa pencipta theme song tersebut?

"Theme song dibuat khusus oleh pior kita waktu itu. Penciptanya sama dengan pencipta (mars) Garuda Pancasila, Pak Sudharnoto," ujar Sekretaris Perusahaan PT Pembangunan Jaya Ancol, Tbk Ellen Gaby Tulangow di Putri Duyung Ancol, Jakarta, Jumat (17/6).

Tak hanya theme song, maskot Dufan berupa hewan bekantan juga tak berubah. Bekantan dipilih lantaran hewan spesifik yang ada di Kalimantan dan terancam punah.

Dufan ingin mengangkat bekantan sebagai maskot karena ingin memperlihatkan kepada masyarakat bahwa mereka mempunyai sesuatu yang unik. Pemilihan bekantan semata-mata untuk mengenalkan jenis satwa langka yang kini dilindungi.

Dufan yang diresmikan pada 29 Agustus 1985 adalah tempat hiburan yang terletak di kompleks Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara, Indonesia. Ada begitu banyak wahana di Dufan. Beberapa yang menjadi favorit diantaranya Kora Kora, Niagara Gara, Halilintar, dan Arung Jeram.

Ellen mengatakan wahana-wahana yang ada di Dufan memang berasal dari luar negeri. Namun semua tim imagineering murni berasal dari dalam negeri alias putra-putri Indonesia.

"Kami menggali apa yang ada di Indonesia sehingga yang keluar ya Dufan seperti ini. Kami ingin menonjolkan ciri Indonesia," kata dia.

Dufan tak takut bersaing dengan taman rekreasi serupa yang ada di Indonesia. Ellen yakin bahwa hanya Dufan-lah yang memiliki 'tema' dalam setiap permainannya.

"Kalau pesaing, mereka hanya menaruh wahana hiburan tapi tidak menaruh tema seperti di Dufan," ujar Ellen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement