Jumat 17 Jun 2016 16:45 WIB
Ancol Luar Biasa

Edukasi Sambil Bermain di Rumah Pintar Ancol

Rep: MGROL69/ Red: Andi Nur Aminah
Salah satu wahana di Ocean Dream Samudra Ancol
Foto: MGROL69
Salah satu wahana di Ocean Dream Samudra Ancol

REPUBLIKA.CO.ID, Libur sekolah identik dengan menghabiskan waktu untuk refreshing dan menjauh dari kegiatan sekolah. Para anak cenderung melupakan dunia belajar mengajar selama liburan. Padahal, ada beberapa tempat liburan yang menawarkan wisata yang tidak kalah seru namun tetap memberikan pengetahuan bagi sang buah hati. Salah satunya rumah pintar.

Rumah pintar merupakan salah satu objek wisata yang terdapat di Ocean Dream Samudra, Ancol. Ada lebih dari 200 buku yang ditawarkan di dalamnya. buku-buku tersebut memuat tentang materi fisika dan kimia sederhana untuk anak, buku tentang kelautan, majalah Bobo, dan dongeng daerah.

Buku-buku edukasi ini dilengkapi dengan gambar agar pengunjung tertarik untuk membacanya. Selain buku, ada juga penampakan hewan-hewan yang diawetkan di sana. Objek pertama yang diperhatikan oleh pengunjung adalah lumba-lumba dan singa laut.

Ayu Istiani, seorang edutiment Rumah Pintar mengatakan hewan yang diawetkan tersebut adalah hewan-hewan yang sudah mati. Pengawetannya dilakukan bukan untuk menyiksa hewan, melainkan untuk edukasi.

Di Rumah Pintar ini hewan disimpan dalam tabung dengan berbagai macam ukuran. Di bagian depan tabung terdapat sebuah kertas yang bertuliskan jenis hewan dan kapan matinya. Ayu menjelaskan faktor-faktor kematian dari masing-masing hewan, salah satunya bayi singa laut.

Menurut Ayu, singa laut tersebut mati saat lahir karena ada kelainan dalam tubuhnya. Tertera tanggal kematiannya 13 januari 2014. Selain hewan-hewan laut, ada banyak hewan yang diawetkan di sana seperti ulat, kupu-kupu, serangga, dan lainnya.

Selain itu, ada juga sebuah video edukasi tentang proses kelahiran seekor lumba-lumba. Video tersebut memperlihatkan dari awal proses kontraksi pada lumba-lumba hingga kelahiran dari anak lumba-lumba.

Perpustakaan ini buka setiap hari dari pukul 09.00 WIB hingga 17.0 WIB. Dengan adanya pengawas Rumah Pintar, para pengunjung dapat bertanya-tanya langsung dan menambah pengetahuan mereka tentang dunia hewan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement