Kamis 16 Jun 2016 11:20 WIB

Cara Berinvestasi Berdasarkan Jangka Waktu dan Risiko

Investasi
Foto: wikipedia
Berinvestasi

Risiko dalam Berinvestasi

Walaupun terbilang sangat direkomendasikan, cara berinvestasi ini sebenarnya memiliki beberapa risiko yang cukup berbahaya bagi Anda yang baru saja akan memulai kegiatan ini. Namun, apabila hanya menyimpang uang di Bank saja, hal ini pun bisa jadi tidak akan mengembangkan uang yang Anda miliki. Sebaliknya, dengan berinvestasi, uang Anda akan bertambah setiap periodenya.

Namun, itu pun apabila produk yang Anda pilih berkembang. Apabila terjadi permasalahan pada produk yang Anda pilih dalam diinvestasikan, hal ini bisa menjadi risiko yang cukup berbahaya bagi Anda.

- Nilai Investasi Menurun

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, produk investasi bisa saja menurun dan hal ini bisa berdampak pada hilangnya uang yang sudah Anda tanamkan. Setiap orang tentu ingin untung hanya dengan menabungkan uang mereka, namun ternyata investasi pun memiliki beberapa risiko yaitu kehilangan uang yang sudah Anda simpan karena produk investasi yang menurun. Oleh karena itu, Anda tidak boleh berinvestasi secara sembarangan.

Ada banyak hal yang harus Anda pelajari tentang investasi. Jenis produk adalah salah satunya. Anda harus bisa memprediksikan bagaimana produk yang Anda pilih beberapa tahun ke depan, apakah akan berkembang atau tidak. Apabila memang berkembang, tentu dana investasi Anda akan berlipat ganda secara cepat. Namun sebaliknya, apabila produk tersebut mengalami kemunduran dan tidak berkembang, bukan tidak mungkin Anda harus menerima risiko yaitu kehilangan beberapa persen dari dana yang sudah Anda tanam.

- Mudah Tidaknya Produk untuk Dijual

Risiko lainnya yang harus Anda hadapi dalam berinvestasi adalah bisa atau tidaknya produk yang sudah Anda beli untuk di jual di kemudian hari. Sebenarnya, poin ini hampir sama dengan poin sebelumnya. Anda harus bisa memprediksi bagaimana produk yang sudah Anda investasikan beberapa tahun ke depan.

Investasi emas adalah salah satu cara aman yang tentu akan tetap mudah di kemudian hari. Namun beberapa orang banyak yang lebih memilih untuk berinvestasi uang dolar. Hal ini bisa saja menguntungkan apabila Anda mengetahui caranya. Masalah yang mungkin Anda hadapi dalam menginvestasikan pada mata uang luar negeri adalah kondisi fisik dari uang tersebut dan juga pihak mana saja yang akan membeli produk tersebut.

 

Pelajari Jenis Investasinya

Satu hal yang paling penting dalam berinvestasi adalah dengan memilih jenis produk yang akan Anda investasikan. Pelajari terlebih dahulu tentang cara berinvestasi dengan baik dan benar. Selain itu, pelajari juga tentang produk yang nanti akan Anda investasikan. Dengan banyak mendapatkan pengetahuan tentang investasi, Anda pun akan mendapatkan banyak keuntungan dalam melakukan kegiatan investasi tersebut.  

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement