Kamis 16 Jun 2016 06:23 WIB

Sulit Mengelola Uang? Coba 4 Tips Ini

Rep: Adysha Citra R/ Red: Indira Rezkisari
Menabung
Foto: pixabay
Memiliki dana darurat bak menyediakan payung sebelum hujan, suatu saat pasti akan digunakan.

Persiapkan Dana Darurat

Jika Anda memiliki gaji yang cukup, sudah saatnya bagi Anda untuk mulai menyisihkan sebagian uang untuk membangun dana darurat.

Dana darurat ini dapat dimanfaatkan untuk kejadian atau pengeluaran tak terduga yang mungkin membutuhkan dana dalam jumlah besar. Di samping itu, dana darurat ini juga dapat membantu Anda terhindar dari utang atau pun dimanfaatkan sebagai dana untuk berlibur.

HSBC menyarankan agar Anda menggunakan rekening tabungan tax-efficient untuk menyimpan dana darurat. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah mengakses dana darurat kapan pun dibutuhkan.

Simpan Uang di Berbagai Jenis Tabungan

Setidaknya, Anda dapat membagi tabungan Anda menjadi tiga jenis tabungan berbeda. Tabungan pertama memiliki jumlah tabungan tertinggi dan disimpan pada bank yang menawarkan keuntungan tertinggi untuk penyimpanan jangka panjang. Tabungan kedua memiliki jumlah simpanan tertinggi kedua yang ditabung dalam jangka pendek atau menengah. Ketika uang pada tabungan kedua ini membesar, lanjutkan bersamaan dengan tabungan pertama.

Sedangkan tabungan ketiga ialah tabungan yang disimpan dalam rekening yang mudah diakses dalam situasi darurat. Pastikan bahwa selalu ada dana yang cukup pada rekening ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement