Kamis 16 Jun 2016 06:23 WIB

Sulit Mengelola Uang? Coba 4 Tips Ini

Rep: Adysha Citra R/ Red: Indira Rezkisari
Menabung
Foto: ist
Menabung

REPUBLIKA.CO.ID, Tak dapat membedakan kebutuhan dan keinginan merupakan salah satu masalah besar yang menyebabkan banyak orang sulit untuk mengelola uang mereka. Ketidakmampuan ini kerap berujung pada timbulnya berbagai pengeluaran non-prioritas sehingga tak ada uang yang bersisa untuk ditabung atau diinvestasikan.

Menyadari kesulitan tersebut, HSBC memberikan beberapa saran yang dapat membuat pengelolaan uang menjadi lebih teratur. Berikut ini ialah empat tips yang dapat membantu Anda menjadi lebih disiplin dalam mengelola uang dan juga menabung.

Sisihkan Pendapatan

Sebelum menggunakan gaji untuk berbagai keperluan, Anda harus menyisihkan gaji tersebut sebagai tabungan. Idealnya, Anda dapat menyisihkan 15-20 persen dari gaji Anda untuk ditabung. Akan tetapi, jika Anda masih tinggal bersama orang tua atau tidak memiliki banyak pengeluaran, Anda dapat meningkatkan jumlah gaji yang disisihkan untuk tabungan.

Mulai dari Jumlah Kecil

Gaji yang pas-pasan terkadang menjadi alasan untuk tidak menabung. Padahal menabung bisa dilakukan dari jumlah yang terkecil dahulu. Seiring berjalannya waktu, gaji Anda kemungkinan besar juga akan mengalami peningkatan. Kenaikan gaji ini sebaiknya diiringi juga dengan kenaikan jumlah gaji yang disishkan sebagai tabungan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement