Selasa 14 Jun 2016 10:28 WIB

Ini Dia Desa Terbersih di Asia

Rep: MGROL69/ Red: Andi Nur Aminah
Desa Mawlynnong, India Timur
Foto: BBC
Desa Mawlynnong, India Timur

REPUBLIKA.CO.ID, Kebersihan merupakan sebagian dari Iman. Begitu kata pepatah Islam. Kebersihan menjadi bagian terpenting untuk menciptakan kehidupan sehat dan jauh dari penyakit. Kebersihan lingkungan membuat masyarakatnya lebih nyaman dan tentram untuk tinggal di sana. Lalu, apakah ada tempat yang paling bersih di dunia ini?

Dilansir BBC, ada sebuah desa yang menjadi desa terbersih di Asia. Desa ini adalah desa Mawlynnong yang terletak di India timur. Perdana Menteri Shri Narendra Modi meluncurkan sebuah gerakan 'Clean India Mission' pada Oktober 2014 lalu dengan tujuan secara drastis mencerdaskan kota-kota besar di negara tersebut untuk peringatan ulang tahun ke 150 Mahatma Gandhi di tahun 2019.

Mawlynnong dinyatakan sebagai desa terbersih di Asia pada 2003 dan terbersih di India pada 2005 oleh majalah India. Baru-baru ini, Modi mengakui bahwa Mawlynnong sebagai desa terbersih di Meghalaya dan percontohan seluruh negara di 2015. Pada Mei 2016, desa tersebut disorot sebagai 'Desa Terbersih di Asia' dalam perayaan keberhasilan pemerintah (termasuk program clean India).

Semua sampah sudah lenyap secara misterius dan tidak terlihat lagi di jalanan. Hal ini tidak lepas dari perjuangan anak-anak di sana. Deity Bakordor (11) memulai harinya sekitar pukul 6.30 pagi dengan mempercantik kota bersama anak-anak desa lainnya. Dengan bermodalkan sapu, anak-anak tersebut menyerbu jalanan, menyapu daun-daun kering dan sampah sebelum berangkat sekolah.

Anak-anak juga bertanggung hawab untuk mengosongkan tempat sampah dengan memisahkan sampah organik untuk dibakar. Daun dan limbah lainnya dikubur (digunakan sebagai pupuk). Ada juga tukang kebun kota yang bertanggungjawab menjaga tanaman kota dan bunga yang menghiasi jalanan.

Ketika ada pengunjung yang menjatuhkan sampah di tanah, masyarakat di sana tidak memberikan hukuman. Mereka justru tidak melakukan apa-apa kepada pelaku dan segera memungut sampah tersebut.

Bakordor menjelaskan bahwa ada hari yang dilakukan untuk bersih-bersih untuk anak-anak dan orang dewasa. Setiap Sabtu, kepala desa memberikan kabar untuk melakukan kerja bakti demi kebaikan kota. Kebersihan menjadi bagian yang tertanam di kehidupan masyarakat di desa tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement