Selasa 14 Jun 2016 09:32 WIB

Awet Muda Dengan Jamur Kering, Bagaimana Caranya?

Rep: Adysha Citra R/ Red: Indira Rezkisari
Jamur
Foto: pixabay
Jamur

REPUBLIKA.CO.ID, Banyak cara yang dilakukan orang untuk tetap terlihat awet muda. Akan tetapi, tak banyak orang yang 'melirik' jamur kering sebagai opsi untuk tetap awet muda. Padahal, penelitian Penn State University menunjukkan bahwa jamur kering dapat membuat seseorang terlihat awet muda.

Penelitian yang dilakukan Penn State University menunjukkan bahwa jamur dapat memproduksi mikronutrien yang mengembalikan faktor kemudaan. Cara agar jamur memproduksi mikronutrien ini cukup mudah, yaitu dengan menjemur jamur tersebut di bawah sinar ultraviolet.

Tim peneliti Penn State University mengatakan jamur perlu dijemur selama dua hari terpisah. Setelah dijemur di bawah sinar matahari selama satu hari, jamur perlu diistirahatkan terlebih dahulu selama 12 jam. Setelahnya, penjemuran jamur dapat dilanjutkan kembali selama satu hari.

Proses penjemuran selama dua hari dengan jeda 12 jam tersebut dapat meningkatkan kadar vitamin D pada jamur dengan signifikan. Ahli ilmu jamur, Paul Stamets mengatakan sebelum dikeringkan kadar vitamin D pada jamur hanya 100 iu per 100 gram. Namun, setelah dikeringkan di bawah sinar ultraviolet, kadar vitamin D pada jamur dapat melonjak hingga 46.000 iu. Seperti diketahui, vitamin D memiliki khasiat untuk memperlambat penuaan sel dan jaringan tubuh.

Selain memperbanyak kadar vitamin D, proses pengeringan juga membuat rasa jamur menjadi lebih lezat. Rasa jamur kering ini akan sangat pas jika dicampurkan dalam risotto hingga ditaburkan pada semangkuk salad saat akan dikonsumsi, dilansir dari Men's Health.

(baca: Dokter Jelaskan Beda Kulit Muda dan Tua)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement