Jumat 10 Jun 2016 09:09 WIB

Cara Mudah Membuat Permen Jagung

Rep: Dwina Agusti/ Red: Andi Nur Aminah
Permen jagung
Foto: Thekitchn
Permen jagung

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Permen jagung bukan berarti berbahan dasar jagung. Permen ini memiliki warna kuning dan memiliki rasa jagung yang akan mengingatkan Anda pada warna dan dari jagung asli.

Memasak permen jagung ternyata tidak terlalu sulit. Anda bisa mencoba di rumah untuk mengakali jajanan anak yang terlalu manis dengan membuat permen sendiri dari bahan-bahan yang mudah didapat.

Anda cukup menyediakan gula bubuk, susu bubuk, garam, gula putih, sirup jagung, mentega tawar, dan pewarna makanan merah dan kuning. Untuk memasaknya, langkah pertama, ayak bahan-bahan halus seperti gula bubuk, susu bubuk, dan garam.

Panaskan loyang untuk mencairkan gula pasir, sirup jagung, dan mentega tawar. Panaskan bahan tersebut hingga semuanya melelah dan cair, kira-kira waktu yang dibutuhkan selama enam hingga delapan menit.

Tambahkan vanili dan bahan-bahan kering yang sudah diayak tadi secara perlahan. Aduk semua bahan hingga menyatu dan membentuk pasta yang kental. Setelah semua menyatu, matikan kompor dan tuang semua adonan pada tempat lain dan dinginkan lima hingga 10 menit.

Setelah dingin, potong adonan menjadi tiga bagian, satu untuk diberi warna kuning, satu diberi warna merah, dan biarkan satu adonan berwarna putih. Uleni semua adonan sampai warna merata, setelah itu ambil beberapa bagian untuk dibentuk panjang. Rapatkan ketiga warna tersebut dan pipihkan.

Setelah adonan pipih Anda bisa langsung memotongnya dengan bentuk segitiga menggunakan pisau yang tersedia di dapur. Akhirnya pereman jagung pun sudah jadi dan siap disantap.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement