Rabu 08 Jun 2016 12:52 WIB

Museum Keris Diharapkan Jadi Destinasi Wisata Baru di Solo

Museum Keris di Solo
Foto: ANTARA
Museum Keris di Solo

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Operasional Museum Keris Solo yang semula dijadwalkan dibuka awal Oktober 2016 terpaksa diuncur karena belum selesainya proses lelang pengerjaan proyek "story line" dan diorama senilai Rp 1,8 miliar di museum tersebut.

"Lelang pengerjaan 'story line' dan diorama rampung akhir bulan ini. Lelang tersebut mundur dari target awal rampung April lalu," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pemkot Surakarta Eny Tyasni Suzana di Solo, Rabu.

Meski demikian, lanjutnya, pihaknya tetap optimistis jika museum sudah bisa dibuka untuk umum akhir tahun ini. "Ya mudah-mudahan lelang bisa kelar Juni ini. Jadi pengerjaan proyek bisa selesai Oktober nanti," katanya.

Dia menargetkan Museum Keris bisa dibuka untuk umum paling lambat November mendatang. Selain pengerjaan "story line" dan diorama, tahun ini juga akan ada pekerjaan yang dilakukan Direktorat Jenderal (Ditjen) Kebudayaan Kementerian Pendidikan Dasar dan Kebudayaan (Kemendikbud) di lantai dasar. Pekerjaan itu berupa pembenahan ventilasi udara dan saluran air.

Ia mengatakan mundurnya pengerjaan "story line" dan diorama itu terjadi karena ada review detail engineering design (DED) dari Pusat. Desain awal yang dipaparkan kepada Ditjen Kebudayaan dinilai masih kurang sehingga perlu dilakukan perbaikan.

Museum Keris nantinya bukan hanya sebagai tempat memamerkan koleksi keris, namun juga sebagai sarana edukasi sehingga dibuat dan didesain baik untuk menarik minat anak muda.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement