Rabu 08 Jun 2016 12:38 WIB

Ini Manfaat Lain Kentang Selain Dimakan

Rep: Dwina Agustin/ Red: Andi Nur Aminah
Kentang (Ilustrasi)
Foto: The Independent
Kentang (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Kentang merupakan sayuran yang cukup bisa diolah menjadi segala macam masakan. Sayuran ini juga sering kali menjadi pengganti nasi sebab kandungan karbohidratnya yang tinggi.

Tapi selain sebagai makanan, kentang juga ternyata bisa digunakan untuk hal lainnya. Tidak melulu menjadi makanan, kentang bisa digunakan mulai dari hiasan hingga kompresan demam.

Dikutip dari Apartmenttherapy, Rabu (8/6), berikut ini kegunaan kentang selain dikonsumsi sebagai makanan.

Rangkaian bunga

Ketika Anda tidak menemukan busa untuk menjadi alas rangkaian bunga, kentang menjadi jawabannya. Cukup potong kentang yang besar menjadi dua, letakan sisi yang dipotong sebagai dasar. Gunakan tusukan untuk membuat lubang-lubang pada sisi yang akan menjadi tempat menusuk bunga.

Cap

Sering kali aktivitas di Taman kanak-Kanak atau sekolah dasar mengharuskan muridnya melakukan prakarya. Kentang bisa membantu urusan menggambar dengan pola tertentu.

Cukup bagi dua kentang, bagian yang dipotong dibuat ukiran sesuai keinginan. Setelah itu cukup celupkan dalam cat dan tempelkan pada kertas kerja.

Menghilangkan karat

Kentang menjadi salah satu alternatif menghilangkan karat pada besi, peralatan masak, hingga alat berkebun. Cukup potong kentang, kemudian baluri karat dengan sabun atau garam, lalu gosok bagian tersebut dengan kentang.

Kompres

Kentang dikenal merupakan sayuran yang bisa menyimpan suhu dengan waktu lama baik panas atau dingin dengn baik. Jika Anda kedinginan cukup rebus kentang hingga panas, dan kenatang akan menyimpan suhu panas terbut. Sebaliknya ketika dalam keadan darurat deman, maka bekukan kentang sebab akan menjadi alternatif kompresan dingin.

Menghapus noda

Cairan yang terdapat dalam kentang memiliki senyawa yang bisa menyingkirkan noda dengan cepat. Cukup oles bagian noda membandel dengan kentang, kemudian rendam dalam air sekitar satu jam. Kemudian bilas seperti biasa dan noda pun akan hilang segera.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement