Senin 06 Jun 2016 15:13 WIB

8 Cara Pintar Belanja Antiboros

Terapkan trik ini saat berbelanja, siapkan catatan belanja agar pengeluaran bisa terkontrol.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Terapkan trik ini saat berbelanja, siapkan catatan belanja agar pengeluaran bisa terkontrol.

REPUBLIKA.CO.ID, Mengelola keuangan dalam rumah tangga merupakan hal penting karena berhubungan dengan kelangsungan semua kebutuhan seluruh anggota keluarga. Pengeluaran yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan hendaknya diatur agar tidak lupa untuk menyisakan sebagai uang simpanan, yang bisa dijadikan cadangan untuk banyak keperluan, baik jangka pendek maupun panjang.

Belanja merupakan kebutuhan sekaligus kewajiban yang dilakukan sebagai sarana pemenuhan hajat hidup seluruh keluarga. Belanja juga bisa menjadi hal yang menyenangkan sebagai sarana rekreasi. Hal ini karena selain membeli barang kebutuhan, terkadang belanja juga saran membeli barang yang diinginkan hati. Dan seringkali yang terjadi kemudian tiba-tiba saja uang habis sedangkan barang-barang yang harus dibeli masih banyak. Penyebabnya keinginan belanja yang tinggi dan minimnya perencanaan saat belanja.

Untuk itu, dibutuhkan tips agar uang yang akan dibelanjakan bisa efektif digunakan untuk memenuhi kebutuhan. Berikut ini strategi yang bisa dilakukan agar bisa berbelanja anti boros.

Membuat menu harian

Hal pertama yang bisa dilakukan sebagai usaha yang berawal dari rumah adalah menyusun daftar menu yang akan disajikan dalam kurun waktu tertentu, bisa mingguan atau 2 mingguan. Hal ini bisa jadi aktivitas membosankan, karena harus mematuhi rencana anggaran. Namun, cara ini bisa sangat efektif untuk memperkirakan jumlah uang yang akan dikeluarkan untuk berbelanja bahan-bahan dasarnya.

Membuat daftar belanja

Sesuai dengan menu yang direncanakan, maka daftar belanja yang akan dibeli bisa langsung direncanakan. Dengan membuat daftar belanja dari rumah, seseorang akan lebih mengorganisir kebutuhannya, tanpa banyak melirik apa yang diinginkan ketika waktu belanja datang. Daftar belanja ini memuat barang-barang apa saja yang harus dibeli, baik untuk kebutuhan domestik umum dan kebutuhan dapur.

Penawaran diskon

Seseorang bisa mendapatkan diskon belanja dari tempatnya berbelanja, dengan memperbarui informasi penawaran diskon yang diberikan oleh tempat belanja langganan. Hal ini dilakukan pada intinya untuk menghemat lebih banyak pengeluaran. Diskon bisa juga diperoleh saat momen-momen spesial, misalnya pada musim liburan atau ketika ada perayaan khusus seperti Natal, Lebaran, dan Imlek.

Mengumpulkan kupon belanja

Tempat belanja tertentu menerapkan adanya promo kupon belanja. Kupon atau voucher ini nantinya bisa ditukarkan dengan barang lain. Meskipun membutuhkan waktu yang lama untuk mengumpulkannya satu demi satu, namun nantinya bisa dimanfaatkan untuk menghemat keuangan. Selain karena Anda sudah terdaftar sebagai pelanggan tetap, biasanya kupon semacam ini juga diberikan untuk pembelian pada nominal tertentu dan berlaku pula untuk jangka waktu tertentu.

Artikel ini merupakan kerja sama antara Republika.co.id dengan Cermati.com, portal pembanding produk keuangan Indonesia

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement