Senin 06 Jun 2016 07:53 WIB

Kotabaru Andalkan SDA Terbarukan dan Wisata

Sepeda onthel jadi sarana untuk rekreasi (ilustrasi)
Sepeda onthel jadi sarana untuk rekreasi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARMASIN -- Pemerintah Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, ke depannya akan mengandalkan sumber daya alam (SDA) terbarukan, serta dunia kepariwisataan. Sektor tersebut diyakini akan membewa wilayah paling timur Provinsi Kalsel ini ke arah kemajuan.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Bupati Kotabaru Burhanudian ketika menerima kontingan sepeda tua (onthel) yang tergabung dalam Komunitas Sepeda Tua Indonesia (Kosti) Kalimantan Selatan di Kotabaru, Sabtu (4/6).

Ketua Kosti Kalsel Mohamad Ary di Banjarmasin, mengatakan dalam sambutan saat malam ramah tamah dengan kontingen Kosti Kalsel yang terlibat dalam parade sepeda Onthel Kotabaru tersebut, dijelaskan dengan mengandalkan SDA terbarukan dan wisata tersebut, maka ke depan Pemkab setempat mencoba menggalakkan kegiatan wisata laut.

"Kotabaru memiliki sekitar 150 pulau yang kesemuanya eksotis, dan terdapat terumbu karang yang indah yang kalau itu dipromosikan, tentu akan mendatangkan kemajuan," katanya Senin (6/6).

Dalam kaitan meningkatkan kepariwisataan tersebut, Pemkab Kotabaru, kutip Mohamad Ary mencoba menggalakkan aktivitas onthel sebagai sarana penunjang pelestarian budaya, sekaligus pelestarian peninggalan bahari.

"Di beberapa kota yang menggalakkan dunia onthel ternyata berdampak terhadap dunia wisata, seperti Surabaya, Bandung, Jakarta, dan Bali," katanya.

Makanya ke depan event sepeda onthel lebih digelorakan lagi, sebagai wahana menarik wisatawan. "Kita kan memiliki ratusan buah perusahaan besar yang jika CSR-nya digali untuk meningkatkan dunia wisata, khususnya kegiatan parade onthel, maka diharapkan kita banyak yang akan terlibat, asal hadiahnya diperbesar," katanya.

Dia mengatakan, kalau perlu tahun depan hadiahnya bisa capai Rp 1 miliar. Oleh karena itu, ia meminta pengurus perkumpulan sepeda tua Kotabaru mulai merancang kegiatan ke depan, agar ajang ini lebih meriah lagi. Pada parade onthel Kotabaru dalam kaitan HUT Kabupaten Kotabaru ke-66 ini, bukan saja melibatkan onthelis se-Kalsel, tetapi juga dari Kalteng, Kaltim, dan Kalbar, bahkan dari Blitar dan Kediri.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement