Jumat 03 Jun 2016 08:27 WIB

Terancam Banjir, Museum Louvre Terpaksa Tutup

Museum Louvre
Foto: EPA
Museum Louvre

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Hari ini Museum Louvre Paris terpaksa tutup, menyusul banjir yang melanda Ibu Kota Prancis. Alasan penutupan karena benda seni di bagian bawah tanah museum akan dievakuasi setelah Sungai Seine meluap.

Museum di tepi sungai ini merupakan museum yang paling banyak dikunjungi di dunia. Rumah bagi lukisan Mona Lisa hingga artefak Mesir. Langkah evakuasi terpaksa dilakukan setelah hujan deras mengguyur Paris berhari-hari.

"Tujuannya untuk memindahkan karya seni yang terletak di area yang rawan banjir dan memindahkannya ke lantai atas," ujar museum dalam sebuah pernyataan. Beberapa jam sebelumnya telah melakukan antisipasi dengan pompa antibanjir dan melekatakkan pintu antiair di bagian bawah tanahnya. Tapi tinggi air Sungai Seine yang naik hingga lima meter batas normal kemarin, dan meluap di beberapa tempat, membuat manajemen menutup museum sepenuhnya hari ini, Jumat (3/6).

Tim manajemen krisis akan mengatur karya seni berharga ke lantai teratas seandainya tinggi Sungai Seine naik lebih dari 5,5 menter. Prakiraan menyebut sungai ketinggiannya bisa naik lebih dari enam meter hari ini, dikutip dari The Malay Mail Online.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement