Jumat 03 Jun 2016 07:45 WIB

Nivea Gelar CSR untuk Ibu dan Anak Berkebutuhan Khusus

Rep: MGROL69/ Red: Andi Nur Aminah
Program bertajuk  'Nivea #SentuhanIbu'
Foto: MGROL69
Program bertajuk 'Nivea #SentuhanIbu'

REPUBLIKA.CO.ID,   JAKARTA -- Produk kosmetik Nivea mengajak para ibu yang memiliki putra spesial untuk terlibat dalam kegiatan CSR produk perawatan kulit ini. Program yang bertajuk  'Nivea #SentuhanIbu' bekerja sama dengan Kemuning Kembar untuk melakukan konseling dan program konsultasi bagi ibu dari anak-anak berkebutuhan khusus di SLB A Bandung.

    

Saat dijumpai Kamis (2/6), Indira Laksmi Gamayanti selaku psikolog sekaligus Ketua Kemuning Kembar menyampaikan beberapa metode yang akan dilakukan untuk program kampanye ini. Program tersebut antara lain:

1, Pemahaman pada ibu untuk menerima kondisi putra/putrinya

Banyak orang tua yang masih tidak dapat menerima kondisi jika buah hatinya berbeda dengan anak-anak normal lainnya. Metode ini dilakukan melalui pembahasan mengenai topik sensitisasi emosi. Hal ini dilakukan karena orang Indonesia dinilai kurang ekpresif dalam mengungkapkan perasaan mereka dan cenderung memendam perasaan negatif. Padahal setiap perasaan yang mengganjal harus diungkapkan dan dibagikan.

Tujuannya agar membangun sikap saling mendukung. Selain itu, di tahap ini akan berlanjut pada proses penerimaan dan regulasi. Proses ini membahas pemahaman kepada para ibu ketika mereka merasa kesal, lelah atau sedih dan bagaimana mengelola diri untuk menangani putranya. Ini dilakukan karena ketika emosi ibu tidak stabil, maka apa yang ia lakukan pada putranya juga tidak efektif.

2. Pemahaman pada anaknya

Dengan melakukan pemahaman kepada putra atau putri yang berkebutuhan khusus tentang peran dari orang tua mereka, maka akan timbul kesadaran untuk memahami kembali orang tua mereka.

3. Pengetahuan dan keterampilan mendampingi putranya setiap hari

Beberapa pengetahuan khusus akan disampaikan kepada para ibu untuk menjadi bekal dalam mendampingi putra atau putrinya yang berkebutuhan khusus.

4. Merencanakan putra/putrinya akan menjadi apa dan bagaimana ke depannya

Metode ini dilakukan dengan cara melakukan perencanaan dengan konsultan. Para ibu dan konsultan akan mendiskusikan tentang potensi yang dimiliki dari putra  putrinya tersebut. Hal ini yang akan menjadi petunjuk tentang bagaimana mereka menjalani masa depannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement