Jumat 03 Jun 2016 07:30 WIB

Ratna Listy Tuangkan Optimisme Hidup dalam Buku

Rep: Adysha Citra R/ Red: Andi Nur Aminah
Ratna Listy
Foto: Dok. Pribadi
Ratna Listy

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Figur publik Ratna Listy meluncurkan buku terbarunya 100 Motivasi Ratna Listy. Melalui buku ini, Ratna ingin mendorong para pembaca untuk membiasakan diri bersikap positif ketika mengadapi ujian hidup.

Dalam buku ini, Ratna memilih 100 kata-kata motivasi yang ia tulis sendiri sejak 2010 melalui status sosial media Facebook dan juga Blackberry Messanger. Kebiasaan Ratna menulis kata-kata bermuatan positif berawal dari keprihatinannya melihat banyak netizen yang menggunakan sosial media sebagai sarana untuk menulis status bermuatan negatif.

"Aku prihatin. Banyak status yang berisi sindiran, keluhan, makian berenergi negatif. Ini dapat membuat yang baca pun akan merasa tidak nyaman," ungkap Ratna saat ditemui di Function Hall Gramedia Matraman, Kamis (2/6).

Ratna mengatakan ujian selalu akan datang di dalam perjalanan hidup. Akan tetapi ujian tersebut tidak harus disiapi dengan meluapkan emosi ke dalam tulisan negatif dapat dibaca banyak orang seperti sosial media. Oleh karena itu, Ratna memilih untuk menuliskan kalimat-kalimat positif di tiap statusnya sebagai salah satu cara untuk memotivasi diri sendiri sejak enam tahun lalu.

Tulisan-tulisan Ratna yang bernada optimistis dalam status sosial medianya ternyata mendapat sambutan hangat dari banyak pihak. Ketua Majelis Sastra Madiun Arif Gumantia bahkan mendorong Ratna untuk membukukan tulisannya agar lebih banyak lagi orang yang merasakan manfaat dari kalimat-kalimat bijak yang ditulis Ratna. "Apa pun yang sedang terjadi dalam hidupku, aku menghindari menulis kata-kata negatif," lanjut Ratna.

Oleh karena itu, melalui buku terbarunya ini, Ratna ingin membuka mata para pembaca bahwa selalu ada cara untuk bersikap positif dalam menghadapi segala sesuatu. Ratna pun berharap agar kalimat-kalimat yang ditulisnya tak hanya memotivasi diri Ratna sendiri tetapi ju bermanfaat bagi para pembaca.

"Karena sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain," ujar Ratna.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement