Rabu 01 Jun 2016 17:34 WIB

Daerah Harus Segera Benahi Industri MICE

Meeting. Ilustrasi
Foto: Dailymail
Meeting. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Untuk meningkatkan industri MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition) di Indonesia, seluruh daerah diharapkan membantu membenahi baik dari segi infrastruktur maupun fasilitas.

Asisten Deputi Pengembangan Segmen Pasar Bisnis dan Pemerintah Pariwisata Nusantara, Tazbir, mengatakan kegiatan MICE dalam negeri saat ini terus menerus berkembang, terutama di lingkungan korporasi dan bisnis baik dari pemerintahan yang ditangani sendiri ataupun yang ditangani oleh PCO.

"Peningkatan industri MICE dalam negeri ini telah menciptakan peluang pasar yang besar bagi para PCO di tanah air. Pasar dalam negeri tumbuh menjadi besar dan mampu bersaing di kawasan Asia Pasifik," kata dia kepada Republika.co.iddi Jakarta Rabu (1/6).

Untuk menunjang hal itu, dikatakan oleh dia, industri MICE di daerah juga perlu bebenah dengan baik. Daerah harus lebih serius lagi menangkap peluang MICE dalam meningkatkan kunjungan wisatawan asing ke Indonesia.

"Jadi jangan hanya daerah Jawa dan Bali lagi yang menangkap peluang ini. Saya berharap semua daerah bisa menangkap peluang ini dan industri MICE di seluruh daerah bisa berkembang," kata dia menambahkan.

Paling tidak, menurut dia, daerah juga perlu melihat dari segi kemampuan dan akses. Sehingga orang tidak akan menjadi jenuh dengan daerah yang itu-itu saja.

"Kita harus memotivasi daerah agar terus bergerak. Saat ini banyak investor yang sudah masuk ke daerah kemudian membangun hotel. Mereka jual sekarang ini juga bukan sekedar kamar, melainkan ruang untuk pertemuan atau meeting," tutup dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement