Rabu 01 Jun 2016 09:29 WIB

Mengenal Medjool, Kurma Jumbo dari Amerika

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Indira Rezkisari
Kreasi kuliner dengan kurma.
Foto: Republika/Darmawan
Kreasi kuliner dengan kurma.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Pernah mencicipi kurma medjool? Jika belum, tentu Anda perlu mencobanya. Kurma medjool adalah kurma berukuran besar asli Amerika Serikat.

Tidak hanya ukurannya yang jumbo, kurma medjool juga punya rasa yang manis dan tekstur yang lembut. Tak heran, kurma jenis ini selalu menjadi primadona, terutama saat bulan ramadhan.

Konsultan pemasaran buah, Kafi Kurnia, mengatakan, yang menjadikan kurma medjool istimewa adalah tempat penanamannya. Kurma medjool ditanam di daerah khusus di Yuma, Arizona, Amerika Serikat.

“Yuma memiliki udara gurun, sama seperti di timur tengah. Yuma juga memiliki sungai bawah tanah yang tidak dimiliki oleh tanah pertanian lain,” ujar Kafi, saat ditemui di Sea Grain Restaurant, Jakarta, Rabu (31/5).

Ia menambahakan, 70 persen kurma medjool yang ditanam di Yuma, diekspor ke Indonesia. Ekspor kurma medjool dalam jumlah besar ini disebabkan oleh tingginya permintaan dari Indonesia.

“Karena orang Indonesia ingin kurma yang berkualitas, enak, dan mahal,” ungkapnya.

Kurma medjool tersedia dalam beberapa merk, salah satunya merek Natural Delights Medjool Dates. Satu kemasa Natural Delights Medjool Dates (340 gr) dihargai Rp 100 ribu, yang berarti 1 kg kurma medjool berada di kisaran harga Rp 300 ribu sampai Rp 400 ribu.

(baca: Kunci Sajikan Masakan Nusantara yang Cocok di Lidah Internasional)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement