Selasa 31 May 2016 11:17 WIB

Tips Atasi Gatal di Kulit Kepala

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Indira Rezkisari
Sampo
Foto: wikimedia
Sampo

REPUBLIKA.CO.ID, Anda pernah merasa malu menggaruk kulit kepala gatal di depan umum? Gatal dan kulit kepala kering memang akan membuat Anda tidak nyaman, terutama selama musim panas.

Dan jika dibiarkan tanpa pengawasan, hal itu akan menyebabkan rambut rontok. Jika Anda telah mencoba berbagai produk dan masih belum menemukan solusi, cobalah ikuti beberapa tips yang bisa Anda coba berikut ini.

Gunakan sampo bayi

Kebanyakan sampo mengandung bahan kimia tinggi. Salah memilih sampo akan mempengaruhi tekstur rambut Anda.

Sampo yang salah dapat membuat rambut Anda kering dan gatal. Selama Anda meluangkan waktu mencari tahu sampo yang tepat, coba gunakan sampo bayi untuk beberapa waktu. Sampo bayi akan melembutkan rambut dan tidak merusak kulit kepala.

Keramas air dingin

Keramas dengan air panas biasanya meninggalkan kelembaban pada rambut, sehingga rambut akan kering dan gatal. Pilih air dingin sebagai gantinya. Gatal pasti berkurang selama beberapa periode waktu.

Diet seimbang

Anda mungkin bertanya-tanya apa hubungan diet dengan rambut Anda. Namun ternyata makanan yang Anda makan memiliki dampak terhadap kulit kepala.

Konsumsi makanan yang kaya vitamin A, B, C dan tinggi kandungan besi. Penting juga untuk minum banyak air, setidaknya dua sampai tiga liter air setiap hari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement