Ahad 29 May 2016 12:01 WIB

Tips Aman Menggadaikan BPKB Motor

Sepeda motor
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Sepeda motor

REPUBLIKA.CO.ID, Saat ini menggadaikan BPKB motor menjadi salah satu pilihan tepat bagi masyarakat yang membutuhkan dana cepat untuk bisa memenuhi berbagai keperluan. Cara ini juga memberikan kemudahan kepada masyarakat yang membutuhkan pinjaman dana tunai, tetapi di samping itu tidak memiliki aset seperti halnya tanah atau surat rumah untuk menjadi media jaminan.

Saat Anda memutuskan akan melakukan gadai BPKB motor, salah satu hal yang harus Anda pertimbangkan adalah apakah kegunaan dana yang Anda telah pinjam, dan bagaimana angsuran dana pinjaman tersebut bisa Anda bayar dengan rutin juga lancar hingga Anda tidak mengalami kredit macet.

Sebagian besar masyarakat Indonesia masih ragu untuk menggadaikan BPKB sepeda motornya di lembaga leasing. Alasan klasik yang biasa diungkapkan adalah dari sisi keamanan jaminannya. Padahal, apabila di lihat secara legalitas, keberadaan perusahaan pembiayaan resmi di Indonesia tidak perlu diragukan, baik itu dari segi hukum yang mengaturnya juga sepak terjang yang dimilikinya.

Lalu apa yang membuat mereka masih enggan dan masih merasa khawatir? Ternyata terkait dengan berbagai modus penipuan yang telah merebak dan dilakukan oleh oknum leasing.

Maka untuk lebih aman, berikut tips terbaik bagi Anda yang ingin menggunakan jasa gadai BPKB motor saat terdesak kebutuhan dana tunai. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Gunakan Dana Pinjaman untuk Sesuatu Hal yang Penting

Saat Anda memutuskan untuk mengajukan pinjaman uang tunai dengan cara menggadaikan BPKB motor, maka hal penting pertama yang harus Anda tanyakan pada diri Anda sendiri ialah apakah Anda memang sangat membutuhkan dana tersebut? Jika dana pinjaman itu telah cair apakah kebutuhan utama yang kan dipenuhi? Apakah kebutuhan Anda bersifat konsumtif, atau pinjaman tersebut di tujukan untuk sebagai modal usaha dan sesuatu yang bersifat produktif? Atau ada keluarga Anda yang sakit dan sedang membutuhkan dana darurat untuk proses penyembuhannya?

Setelah Anda mempertimbangkan alasan Anda mengajukan pinjaman uang dengan secara matang, dan Anda pun menganggap hal itu memang lah sangat penting juga mendesak, maka pilihan Anda untuk melakukan menggadaikan BPKB motor agar mendapatkan dana pinjaman memang sudah tepat adanya. Karena dengan begitu Anda tidak perlu memikirkan kesulitan, dan bisa langsung menggunakan dana tersebut untuk kebutuhan Anda.

Artikel ini merupakan kerjasama antara Republika.co.id dengan Cermati.com, portal pembanding produk keuangan Indonesia

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement