Rabu 25 May 2016 16:37 WIB

6 Cara Agar Pinjaman Bank Disetujui

Utang ke bank
Foto:
Meminjam uang

Ambil Plafon Pinjaman Sesuai Kemampuan Anda

Perhatikan batasan keuangan Anda, jangan sampai pinjaman yang akan Anda ambil malah membebani dan bukan menjadi solusi keuangan. Memahami batasan keuangan juga akan menjadikan Anda tepat dalam menentukan lama masa pinjaman. Jangan tergiur dengan jumlah dan kesempatan mudahnya syarat yang diajukan, ketahuilah bahwa jika Anda mengalami kesulitan selama masa kredit. Hal itu tidak hanya akan mengancam pinjaman Anda saat itu, tapi juga akan membuat Anda mengalami kesulitan mengambil kredit di waktu yang akan datang.

Memiliki Ekspektasi yang Benar

Menjadikan desakan kebutuhan sebagai alasan peminjaman uang ke bank hanya akan menyulitkan diri Anda sendiri ke depannya. Memahami dan memiliki ekspektasi yang tepat tentang pengelolaan dana pinjaman yang akan dicairkan bank tentu akan sangat bermanfaat. Di samping itu, pastikan Anda sudah paham bahwa bank memiliki prosedur tertentu sebelum akhirnya benar-benar mencairkan pinjaman dan memberi Anda uang, pastikan bahwa Anda telah memahami hal tersebut.

Pahami Rasio Cicilan

Selain hal-hal tadi, Anda juga harus memahami tentang rasio cicilan yang akan Anda ambil. Hal ini hampir sama dengan pemahaman Anda terhadap kemampuan dalam melunasi pinjaman terkait besarnya cicilan dan lama masa peminjaman. Ada kemungkinan bank akan menolak permohonan pinjaman bila total cicilan utang Anda (termasuk pinjaman yang baru akan diajukan) melebihi sepertiga dari penghasilan.

Jadi, bila saat ini total cicilan utang Anda sudah mencapai 33 persen dari penghasilan, kurangi dulu porsi cicilan utang tersebut. Misalnya, jika penghasilan Anda saat ini adalah Rp 3 juta per bulan, usahakan agar jumlah cicilan yang sedang Anda jalani ditambah jumlah cicilan yang baru akan diajukan tidak melebihi dari nilai Rp 1 juta.

Persiapan Dokumen Menjadi Kunci Sukses Pinjaman ke Bank

Proses persetujuan pengajuan kredit ke bank secara umum melewati tahapan kelengkapan dokumen dan wawancara. Analis kredit dalam menyetujui pengajuan kredit lebih banyak berdasarkan data yang lengkap dan akurat sehingga bisa meyakinkan analis kredit bahwa pengajuan kredit Anda memang layak untuk disetujui. Selain itu, memahami proses kredit akan semakin memudahkan proses persetujuan lebih cepat dari yang seharusnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement