Rabu 25 May 2016 16:37 WIB

6 Cara Agar Pinjaman Bank Disetujui

Utang ke bank
Foto: pixabay
Utang ke bank

REPUBLIKA.CO.ID, Bagi sebagian orang yang membutuhkan dana tambahan, meminjam ke bank adalah salah satu cara yang biasa ditempuh untuk mendapatkan dana segar untuk menutup kebutuhan-kebutuhan yang masuk dalam perencanaan keuangan mereka.

Namun, tahukah Anda bahwa mendapatkan pinjaman ke bank dapat dikatakan gampang-gampang susah. Ini karena adanya persyaratan yang diajukan bank yang harus dilengkapi ditambah dengan beberapa hal lain yang menjadi aturan dari syarat cairnya pinjaman yang tentu terikat baku dengan banyak hal yang ditetapkan oleh bank.

Bagi Anda yang mungkin punya maksud untuk melakukan pinjaman ke bank, artikel kali ini akan mencoba mengulas beberapa hal yang harus Anda perhatikan agar pengajuan pinjaman Anda segera disetujui.

Pahami Referensi Anda, Persiapkan Kelengkapannya

Ada baiknya sebelum menuju ke bank, periksa paket pinjaman bank melalui internet dan lihat apa yang ditawarkan bank lain. Pahami apa jenis pinjaman yang Anda cari, dan kemampuan untuk melunasi pinjaman secepat mungkin. Selain itu, pastikan pula bahwa Anda telah mengumpulkan sebanyak mungkin informasi syarat dan kelengkapan yang perlu diajukan untuk mendapatkan pinjaman. Lengkapi syarat formalnya, pahami setiap detail yang terkait dengan tipe pinjaman, lama masa peminjaman, lebih lanjut juga soal pengelolaan dana pinjaman.

Persiapkan Catatan Rekening atau Dokumen Keuangan Sebaik Mungkin

Bila Anda bekerja sebagai karyawan, biasanya bank akan meminta slip gaji sebagai bukti bahwa Anda memang memiliki penghasilan sejumlah yang sama setiap bulannya. Hal ini tentu menjadi catatan, perhatikan bahwa dalam laporan keuangan baik slip ataupun rekening koran yang akan Anda lampirkan sebagai persyaratan tidak ada hal yang mungkin menjadi catatan negatif. Seperti adanya pinjaman yang masih menjadi tanggungan di koperasi perusahaan atau hal lain yang mungkin menyebabkan pinjaman bisa gagal didapatkan.

Pastikan Semua Utang yang Anda Miliki Pada Posisi Lancar

Bila Anda masih memiliki utang, seperti kartu kredit atau utang lain, usahakan agar pembayaran tagihannya tidak sampai macet. Bank memiliki kemampuan untuk menganalisis kondisi keuangan Anda yang sebenarnya. Sebagai salah satu tips utama, ada baiknya pastikan Anda telah terbebas dari pinjaman lain ketika mengambil pinjaman baru. Tidak hanya dengan bank, Ini senada juga dengan tagihan-tagihan rumah tangga seperti misalnya listrik dan air. Beberapa bank memasukkan ini sebagai salah satu syarat yang harus dilampirkan saat melakukan pinjaman.

Artikel ini merupakan kerja sama antara Republika.co.id dengan Cermati.com, portal pembanding produk keuangan Indonesia

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement