Senin 23 May 2016 10:06 WIB

Ini Cara Keluar dari Zona Nyaman

Rep: C34/ Red: Winda Destiana Putri
Bepergian sendiri mengajak Anda keluar dari zona nyaman dan memperbaharui jiwa.
Foto: Prayogi/Republika
Bepergian sendiri mengajak Anda keluar dari zona nyaman dan memperbaharui jiwa.

REPUBLIKA.CO.ID, Mendobrak keluar dari zona nyaman adalah kunci untuk perbaikan diri. Sebab, secara universal Anda akan terus mendorong batas-batas kemampuan dan mulai melakukan lebih untuk kesuksesan.

Para pengguna Quora, sebuah platform tanya jawab profesional, sepakat dengan pernyataan tersebut. Mereka bahkan mendaftar sejumlah cara untuk keluar dari zona nyaman yang dianggap mampu meningkatkan kualitas kehidupan. Berikut di antaranya.

Mempertanyakan segalanya

Hal yang paling tidak nyaman yang bisa dilakukan adalah dengan mempertanyakan segala sesuatu yang ada dalam hidup ini. Melihat sisi lain dari norma dan standar yang berlaku bisa dilakukan untuk mencari jawaban atas pertanyaan itu.

Jujur

Bersikap jujur mengenai pandangan dan sikap kita bisa terasa tidak nyaman, tetapi juga merupakan hal yang berharga untuk dilakukan. Akui perasaan dan emosi Anda yang sebenarnya mengenai sesuatu, termasuk bagaimana pengalaman mempengaruhi Anda dan orang lain.

Merenung

Kita mungkin enggan merenungi apa yang sudah kita lewati dalam hidup. Padahal, berkontemplasi bisa meningkatkan kapasitas kognitif, kecerdasan emosional, dan disiplin diri secara keseluruhan.

Bangun pagi

Bangun sebelum matahari terbit akan memberikan lingkungan belajar dan mood baik melakukan pekerjaan. Meski kadang sulit, konsisten bangun pukul lima pagi adalah cara sempurna memulai hari.

Berbicara dengan orang baru

Mengawali pembicaraan dengan orang baru di lokasi acak adalah hal baik, meski kadang membuat kita tidak merasa nyaman. Hal itu juga bisa meningkatkan kepercayaan diri dan memperluas jaringan.

Jangan tergantung pada ponsel

Meletakkan ponsel alih-alih selalu mengecek dan mengaksesnya bisa menjadi detoks digital yang baik. Penelitian menunjukkan bahwa itu dapat membantu Anda lebih produktif, berorientasi tujuan, dan kreatif, selain memang lebih sopan saat interaksi sosial.

Lakukan satu hal pada satu waktu

Jika Anda terus-menerus mengubah keinginan dan kepentingan, Anda tidak akan menemukan kemajuan internal. Lakukan satu hal pada satu waktu dan miliki komitmen untuk menyelesaikan atau menguasainya.

Menyelesaikan tujuan yang hampir mustahil

Pikirkan satu hal yang sangat ingin Anda capai atau Anda ragu bisa mencapainya. Meski sulit, dekati tujuan itu secara perlahan dengan semua kekuatan mental dan fisik Anda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement