Senin 23 May 2016 06:22 WIB

6 Benda yang Wajib Dibersihkan Setiap Hari

Rep: Adysha Citra R/ Red: Indira Rezkisari
Pegangan pintu ternyata salah satu benda yang harus dibersihkan rajin demi kebersihan seluruh rumah.
Foto: pixabay
Pegangan pintu ternyata salah satu benda yang harus dibersihkan rajin demi kebersihan seluruh rumah.

REPUBLIKA.CO.ID, Melakukan bersih-bersih terkadang menjadi kegiatan yang cukup menjemukan sekaligus melelahkan. Akan tetapi untuk menjaga kebersihan sekaligus melakukan efisiensi waktu, ada enam hal yang perlu dibersihkan setiap hari.

Jika keenam hal ini dibersihkan setiap hari, maka tugas bersih-bersih yang harus Anda lakukan secara berkala dapat menjadi lebih ringan pula. Berikut ini ialah enam hal yang perlu Anda bersihkan setiap hari.

Pintu Masuk

Pintu masuk sangat penting untuk tetap terjaga kebersihannya. Hal ini dikarenakan pintu masuk memiliki pengaruh besar untuk menentukan apakah Anda akan merasa rileks atau justru tertekan saat masuk ke dalam rumah. Ada cara singkat dalam membersihkan area masuk hanya dalam dua menit. Beberapa cara tersebut di antaranya letakkan sepatu dengan rapi, taruh benda yang berserakan di lantai di tempat semestinya serta sapu dan pel lantai dengan 'kilat'.

Lap Piring

Banyak orang yang menggunakan lap piring untuk membersihkan tangan saat memasak, kemudian menggunakannya lagi untuk mengeringkan cucian piring dan gelas. Mengingat jarang ada orang yang mencuci tangan dengan tepat dan lama, maka bisa dipastikan banyak bakteri yang akan tertinggal di lap piring. Oleh karena itu, penggunaan lap piring harus diganti di penghujung hari. Untuk mencucinya, Anda dapat menggunakan air panas dan deterjen.

Spons

Spons rumahan memiliki banyak bakteri dan kuman yang menjijikan. Untuk bisa membunuh berbagai bakteri dan kuman yang bersarang, para peneliti USDA mengungkapkan spons bisa dimasukkman ke dalam microwave. Dalam waktu satu menit, 99 persen bakteri, ragi, dan jamur akan terbunuh dengan metode microwave. Cara lain yang dapat dilakukan untuk membersihkan spons ialah dengan cara merebusnya lima menit.

(baca: 12 Manfaat Minum Air Hangat untuk Kesehatan)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement