Jumat 20 May 2016 11:52 WIB

Film 'Prenjak' Menang di Cannes Festival Perancis

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Andi Nur Aminah
Film Prenjak, In The Year Of Monkey
Foto: BBC
Film Prenjak, In The Year Of Monkey

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Film pendek berjudul Prenjak, In The Year Of Monkey yang dikirim mewakili Indonesia oleh Pusat Pengembangan Perfilman (Pusbang Film) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menang di ajang Cannes Film Festival 2016. Prenjak mendapatkan penghargaan terbaik The Leica Cine Discovery Prize Cinema de pa Critic Cannes 2016. Ini merupakan kategori tertinggi dari cinema de la critic atau Critic's Week Cannes untuk film pendek. 

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan menyambut baik kemenangan ini. "Penghargaan terbaik untuk film pendek 'Prenjak' ini sangat membanggakan," katanya, Jumat, (20/5).

Selain pertama kalinya Indonesia meraih pernghargaan terbaik kategori ini di Cannes, juga momentumnya bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei. Semoga ini benar-benar menjadi spirit kebangkitan film dan kreativitas Bangsa Indonesia.

Prenjak, Anies mengatakan menarik perhatian sekitar 300 penonton dalam premiere yang digelar 15 dan 16 Mei di Theatre Miramar, Cannes, Perancis. Film Prenjak diputar selama tiga kali di Cannes Film Festival 2016. 

Film dengan sutradara asal Yogyakarta Wregas Bhanuteja ini bercerita tentang usaha keras seorang perempuan Yogya di tahun 1980-an untuk membebaskan diri dari belenggu keterbatasan ekonomi,  mencari uang untuk membiayai hidup keluarganya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement