Kamis 19 May 2016 10:48 WIB

Kreasikan Kuliner Khas Indonesia, Ini Tipsnya

Chef Steby Rafael saat demo masak di pameran 30 Ikon Kuliner Nusantara di Bandung, Jawa Barat
Foto: IST
Chef Steby Rafael saat demo masak di pameran 30 Ikon Kuliner Nusantara di Bandung, Jawa Barat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mengkreasikan makanan khas Indonesia menurut chef Steby Rafael merupakan hal yang penting untuk dilakukan guna memperkenalkan Indonesia ke dunia.

Ditemui dalam pameran 30 Ikon Kuliner Nusantara beberapa waktu lalu, Steby mengatakan, kunci dalam melakukan kreasi atau pengembangan masakan adalah memahami kultur atau budaya yang ada dalam masakan. Indonesia dengan ragam budayanya, turut terwakili di tiap masakan khas.

"Dengan memahami kultur atau cerita yang ada di dalam masakan, tentu akan membuat si chef lebih mudah berkreasi," ujar Steby.

Steby mengatakan, dengan memahami budaya dalam masakan, seorang Chef tidak akan asal berkreasi yang justru akan menghilangkan nilai budaya dari masakan itu sendiri.

Selanjutnya Steby memberikan tips yang dapat dilakukan para chef ataupun masyarakat dalam mengkreasikan kuliner khas nusantara. Yakni dimulai dengan menata penampilan atau visual dari makanan. Tampilan yang menarik tentu akan menggugah selera penikmat makanan.

"Jadi runut aja dulu, mulai dari mata yang melihatnya menarik, lalu hidung dengan aromanya membuat penasaran. Kemudian baru ke lidah dengan rasa," kata dia.

Tidak sampai disitu, saat melewati tenggorokan dan berakhir di perut juga harus diperhatikan apakah makanan nyaman dikonsumsi atau tidak.

"Jangan malah makanan jadi buat mules," kata dia.

Yang terakhir adalah penyesuaian harga. Harus diselaraskan dengan target pasar yang dituju.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement