Kamis 19 May 2016 06:13 WIB

10 Makanan Baik Ketika Tubuh tidak Fit

Rep: Ahmad Fikri Noor/ Red: Indira Rezkisari
Cabai
Foto: ist
Cabai

REPUBLIKA.CO.ID, Ketika tubuh sedang tidak fit maka kita akan sulit beraktivitas. Penanganan yang kerap dianjurkan adalah beristirahat dan mengonsumsi obat-obatan. Akan tetapi, berikut ini terdapat sejumlah makanan yang baik untuk kondisi sakit tertentu seperti yang telah dirangkum Reader's Digest.

Ketika Anda sakit kepala

Makanlah sup kacang-kacangan khas Maroko yang disajikan dengan rempah seperti kayu manis dan kunyit. Makanan ini bebas dari pemicu sakit kepala seperti susu, daging asap, kacang, dan coklat. Kelebihan lainnya, sup ini tidak perlu dikunyah sehingga tidak akan mengganggu kondisi sakit kepala. Sup ini juga memberikan protein, rempah anti peradangan, serta magnesium yang bisa membantu merelaksasi pembuluh darah.

Ketika Anda mengalami tekanan sinus

Makanlah sesuatu yang pedas. Rasa panas dari cabai bisa membantu membersihkan berbagai tipe peradangan sinus. Hal ini merupakan hasil penelitian dari Akademi Kesehatan Universitas Cincinnati.

Ketika Anda mengalami radang tenggorokan

Makanlah sup panas dengan kuah bening. Tambahkan bawang putih, rempah segar, dan sayur-sayuran. Makan sup dengan minuman hangat seperti teh hijau dan madu. Cairan hangat dari sup dan minuman dapat memperlancar tenggorokan.

Ketika Anda mual

Makanlah pisang, nasi merah, saus apel, dan teh jahe. Makanan-makanan tersebut dapat memperlancar sistem pencernaan. Kajian dari Universitas Rochester menemukan seperempat sendok teh jahe dapat mengurangi mual sebanyak 40 persen pada pasien kemoterapi.

Ketika Anda kelelahan

Makanlah salad daun-daunan hijau dan salmon panggang untuk memberikan pasokan vitamin, mineral, dan omega 3. Hal itu akan meningkatkan energi Anda. Pastikan juga Anda selalu terhidrasi karena dehidrasi akan membuat Anda cepat lelah.

(baca: Di Sini Tempat Tinggal Terbaik untuk Kesehatan Mental)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement