Selasa 17 May 2016 12:47 WIB

Memahami Budaya Masakan akan Tambah Kenikmatan Makanan

Chef Steby Rafael saat demo masak di pameran 30 Ikon Kuliner Nusantara di Bandung, Jawa Barat
Foto: IST
Chef Steby Rafael saat demo masak di pameran 30 Ikon Kuliner Nusantara di Bandung, Jawa Barat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam menikati satu masakan, rasa serta visual penyajian merupakan bagian penting yang tidak boleh terlupakan. Lebih dari itu, penting juga untuk mengetahui cerita atau makna yang terkandung dari satu makanan.

Steby Rafael, salah satu chef muda Indonesia mengatakan, dengan memahami cerita atau budaya yang terkandung dalam masakan akan menambah kenikmatan dari cita rasa yang ada. Terlebih kuliner Indonesia yang mencerminkan kekayaan budaya masing-masing daerah.

"Dengan mengetahui makna yang terkandung dalam makanan akan membuat pola pikir otomatis berubah. Cara pandang kita terhadap makanan akan berubah," ujar Steby.

Chef muda yang turut mengisi acara pameran 30 Ikon Kuliner Nusantara di Bandung, beberapa waktu lalu menjelaskan, setiap suapan akan memberikan rasa serta imajinasi dari budaya yang terkandung dalam masakan.

"Nah bagi chef, terutama yang muda-muda, jadi bisa menyerap dan inspirasi untuk mengembangkan kreativitas makanan seperti apa," kata dia.

Mengkreasikan masakan lokal dikatakan Steby wajib dilakukan chef muda untuk membuat kuliner lokal mendunia. Dengan segala keterbukaan dan informasi, sudah sepatutnya chef muda melakukan hal demikian.

"Kalau dulu saya harus cari buku untuk belajar, tapi sekarang dengan nyari di internet aja udah gampang," ujar Steby.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement