Selasa 17 May 2016 05:48 WIB

Susah Tidur? Coba Minum Air Rebusan Pisang

Rep: Adysha Citra R/ Red: Indira Rezkisari
Pisang
Foto: flickr
Pisang

REPUBLIKA.CO.ID, Kesulitan tidur atau insomnia bisa disebabkan oleh banyak faktor. Beberapa di antaranya ialah stres, gelisah, makan di malam hari hingga konsumsi beberapa jenis obat-obatan.

Untuk mengatasi gangguan tidur, beberapa obat dapat membantu penderita insomnia untuk tidur lebih cepat. Akan tetapi, di saat yang sama obat-obatan tersebut terkadang meningkatkan frekuensi buang air kecil yang pada akhirnya dapat menganggu kualitas tidur juga.

Selain obat-obatan, ternyata ada cara alami untuk mengatasi kesulitan tidur. Salah satunya ialah dengan meminum air rebusan pisang.

Beberapa kandungan dalam pisang dapat membuat tubuh merasa lebih rileks. Kandungan potasium dan magnesium, misalnya, dapat membuat otot dalam tubuh menjadi lebih santai sehingga tubuh akan lebih mudah untuk tidur.

Agar mendapat khasiat yang tepat dari pisang, hindari penggunaan pisang non organik atau pisang genetically modified organism (GMO). Pasalnya,pisang tersebut mengandung bahan kimia dan juga pestisida. Oleh karena itu, pisang yang akan direbus harus pisang organik yang alami.

Untuk membuat rebusan pisang ini pun cukup mudah. Seperti dilansir Health Tips Portal, yang dibutuhkan hanyalah satu buah pisang organik dan air putih. Bubuk kayu manis pun boleh ditambahkan untuk menambah cita rasa.

Proses membuat air rebusan pisang ini pun cukup mudah. Yang perlu dilakukan hanya merebus air hingga mendidih dan masukkan pisang ke dalam air mendidih tersebut. Setelah 10 menit, air rebusan pisang tersebut dapat disaring dan diletakkan ke dalam gelas. Penambahan bubuk kayu manis bisa dilakukan sesuai selera setelahnya, atau dilewatkan.

Air rebusan pisang ini dapat diminum satu jam sebelum pergi tidur. Cara ini dinilai lebih aman mengingat beberapa obat-obatan gangguan tidur memiliki efek samping yang terlihat dalam jangka panjang.

(baca: Cina Larang Video Makan Pisang Erotis)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement