Jumat 13 May 2016 06:14 WIB

Seimbangkan Alam dan Teknologi, Cara BCL Didik Anak

Rep: Santi Sopia/ Red: Indira Rezkisari
Bunga Citra Lestari
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Bunga Citra Lestari

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bunga Citra Lestari (BCL) punya cara tersendiri dalam mendidik buah hatinya, Noah. Bagi BCL, penting mengajarkan anak laki-lakinya tersebut, terutama untuk mengenal kehidupan mandiri.

"Aku enggak mengatur anak. Tapi aku tekankan agar bisa mengenal alam dan bagaimana hidup sendiri. Nature itu sangat penting, tapi aku juga tidak melarang dia tahu kecanggihan teknologi, misalnya. Katakanlah video game, dia harus bisa mengatasi daripada akhiryua dia panik karena tidak tahu," ujar Bunga.

Yang terpenting, menurutnya adalah menyeimbangkan pengetahuan dan terutama sang buah hati bisa menikmatinya. Di samping pentingnya mengenal alam, bagaimanapun si anak, kata dia, hidup dengan mengikuti zaman.

Seorang ibu yang pintar juga, jelas Bunga, adalah ibu yang bisa menempatkan diri sebagai sosok yang nyaman bagi buah hati. Ibu yang baik bisa menjadi teman diskusi yang bijak, mengetahui keinginan si anak dan mencoba mencari jalan terbaik.

"Anak harus dihargai, salah satu cara mengapresiasinya adalah dengan diskusi, ajak mengobrol misalnya dan harus bisa menemukan jalan tengah," kata pemain film Habibie & Ainun itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement