Senin 09 May 2016 11:04 WIB

7 Tips Aman Membeli Rumah Bekas

Rumah dijual
Foto:
Membeli rumah tak sama dengan barang lain, perlu persiapan matang agar dana membeli rumah tersedia dengan baik.

Perhatikan Lokasi

Prioritaskan lokasi rumah bekas yang ingin Anda beli. Karena lokasi yang strategis dan bisa menjangkau daerah manapun akan sangat membantu dan juga mempermudah segala keperluan Anda. Perhatikan pula jarak rumah dengan tempat Anda bekerja, juga tingkat kemacetan yang akan Anda hadapi sehari-hari.

Dokumen Rumah

Telitilah sebelum membeli rumah. Perhatikan dengan secara seksama nama-nama yang tercantum dalam sertifikat jual-beli rumah. Pastikan bahwa Anda berhubungan langsung dengan pihak si penjual. Cari tahu pula mengenai status rumah tersebut untuk menghindari sengketa-sengketa yang bisa membuat Anda pusing di kemudian hari. Terakhir adalah izin mendirikan bangunan (IMB), untuk memastikan luas bangunan sama dengan yang tertera di sertifikat PBB dan IMB.

Cek Kondisi Bangunan

Ketika Anda ingin membeli rumah bekas, periksa keadaan dari segala sudut rumah. Apabila diperlukan, ajaklah seorang konsultan bangunan untuk memeriksa dan mendapatkan informasi paling detail mengenai pondasi, struktur bangunan, lantai, serta atap dari rumah yang menjadi incaran Anda. Di samping itu, perhatikan pula daya listrik dan distribusi kabel, sirkulasi udara di setiap ruangan, intensitas cahaya, serta aliran air yang masuk ke rumah.

Tata Ruang

Perhatikan rencana tata ruang dengan pemerintahan setempat. Perlu Anda ketahui bahwa rumah yang telah memiliki usia lebih dari 20 tahun akan menjadi incaran untuk proyek pembebasan lahan yang diadakan oleh pemerintah untuk pembangunan fasilitas umum. Selain itu, lindungilah rumah Anda dengan asuransi yang tepat dari perusahaan asuransi jiwa yang tepercaya. Di sisi lain, rumah Anda telah terlindungi juga Anda tidak akan dibuat bingung lagi apabila suatu saat terjadi hal yang tidak di inginkan menimpa rumah Anda tersebut.

Pilih Agen yang Dapat Dipercaya

Jika Anda sebelumnya ingin membeli rumah bekas dengan menggunakan jasa agen properti, maka pilihlah agen yang benar-benar memiliki keahlian dalam bidangnya tersebut. Namun jika Anda berhubungan langsung dengan pemilik rumah, maka tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan jasa agen properti untuk membantu Anda dalam proses transaksi dan juga dokumentasi.

Demikian pembahasan mengenai tujuh tips aman ketika ingin membeli rumah bekas. Semoga dengan adanya informasi pada artikel ini bisa membantu Anda apabila ingin memutuskan membeli rumah bekas tapi belum tahu aspek apa saja yang perlu dipertimbangkan agar tidak salah dalam memilihnya. Karena apabila Anda sampai salah memilih, maka akan berakibat buruk bagi Anda dan keluarga nantinya.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement