Senin 09 May 2016 11:04 WIB

7 Tips Aman Membeli Rumah Bekas

Rumah dijual
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Rumah dijual

REPUBLIKA.CO.ID, Rumah bagus dengan harga terjangkau merupakan idaman setiap orang, tidak perlu rumah dengan harga mahal, rumah bekas pun asalkan masih layak untuk dihuni masih bisa kita pertimbangkan kembali. Karena pada dasarnya fungsi dari sebuah rumah itu adalah tempat kita dan juga keluarga untuk berlindung dari hujan dan panas. Bukan berarti kita tidak mampu untuk membeli rumah yang bagus, tetapi akan lebih bijak apabila kita menyesuaikannya dengan kondisi keuangan sekarang.

Membeli rumah bekas itu pada kenyatannya memang gampang-gampang susah. Gampang karena lebih mudah untuk mengetahui bagaimana perkembangan kawasan di sekitarnya yang sudah jadi. Namun juga akan terasa sulit lantaran Anda tidak memiliki banyak pilihan, baik itu pada jumlah unit maupun model rumah yang telah tersedia. Di sisi lain ada sejumlah pekerjaan ekstra yang harus dilakukan pasca membeli rumah tersebut.

Membeli rumah bekas bisa diibaratkan seperti seseorang yang sedang mencari pasangan hidupnya. Sudah pasti akan membutuhkan waktu cukup lama dan juga ketelitian ekstra ditambah dengan kesabaran. Apakah rumah yang kita targetkan telah memenuhi kriteria yang diinginkan? Juga tampilan rumah tersebut bisa mewakili kondisi rumah tersebut secara keseluruhan?

Untuk itu, agar tidak terus bertanya-tanya ketika ingin memutuskan untuk membeli rumah bekas. Sebaiknya perhatikan beberapa tips berikut ini yang bisa dijadikan bahan acuan bagi Anda yang ingin membeli rumah bekas. Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Anggaran Membeli Rumah

Cara pertama adalah Anda harus menghitung terlebih dulu bagaimana kondisi keuangan Anda sekarang dan cobalah untuk mengkalkulasikan secara finansial berbagai sumber keuangan Anda dan bagaimana kewajiban-kewajiban yang harus Anda penuhi. Selain itu juga tambahkan pula dalam anggaran yang telah disusun, minimal 10 persen untuk melakukan renovasi rumah nantinya apabila ada yang masih harus diperbaiki. Pertimbangkan juga rencana Anda untuk ke depannya, seperti merencanakan masa depan anak dan juga mempersiapkan segala kebutuhan yang diperlukannya.

Gali Informasi Lebih Banyak

Untuk membeli rumah bekas, Anda perlu menggali informasi sedalam-dalamnya, tidak hanya mengandalkan informasi yang telah didapatkan dari internet saja. Karena dengan semakin banyak informasi, maka kita dapat lebih jauh mempertimbangkannya secara matang. Kadang informasi yang didapatkan dari internet masih minim dan belum begitu jelas menggambarkan kondisi rumah yang sebenarnya. Anda pastinya tidak ingin kecolongan ketika ingin membeli rumah, dengan menentukan pilihan terhadap rumah yang tidak sesuai dengan harapan Anda sebelumnya.

Artikel ini merupakan kerjasama antara Republika.co.id dengan Cermati.com, portal pembanding produk keuangan Indonesia

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement