Senin 09 May 2016 06:57 WIB

Ini Usia Ideal Lahirkan Anak Cerdas

Rep: Adysha Citra R/ Red: Indira Rezkisari
Wanita hamil
Foto: pixabay
Wanita hamil

REPUBLIKA.CO.ID, Banyak pihak yang mengungkapkan bahwa usia ideal bagi wanita untuk memiliki anak ialah di bawah 30 tahun. Akan tetapi, penelitian terbaru menunjukkan wanita yang melahirkan di usia tertentu cenderung memiliki anak cerdas.

Penelitian ini dilakukan London School of Economics dengan menganalisa data dari Millennium Cohort Study. Melalui data tersebut, tim peneliti memantau pertumbuhan sekitar 18 ribu anak-anak Inggris. Penelitian tersebut dilakukan untuk mengetahui pengaruh usia ibu terhadap perkembangan anak.

Dari penelitian tersebut diketahui bahwa usia 'emas' untuk memiliki anak ialah ketika wanita memasuki usia 30-an. Pasalnya penelitian yang dipublikasikan dalam Biodemography and Social Biology ini menunjukkan bahwa bayi yang dilahirkan oleh wanita berusia tigapuluhan memiliki kemampuan yang cenderung lebih unggul.

Berdasarkan pengamatan terhadap 18 ribu anak-anak, tim peneliti menemukan bahwa anak-anak yang dilahirkan saat ibu mereka berusia tiga puluhan dapat meraih skor lebih tinggi dalam tes kognitif. Skor yang diraih oleh anak-anak tersebut lebih baik jika dibandingkan dengan skor dari anak-anak yang dilahirkan saat ibu mereka berusia dua puluhan atau empat puluhan.

Peneliti Alice Goisis mengemukakan salah satu faktor penentu dari temuan tersebut ialah kondisi dari wanita di usia 30-an. Menurut Goisis, wanita di usia 30-an biasanya cenderung lebih berpendidikan dan memiliki pendapatan yang lebih tinggi.

Selain itu, wanita di usia 30-an memiliki hubungan yang lebih stabil serta menjalani hidup dengan pola yang lebih sehat. Saat akan memiliki anak, wanita di usia 30-an juga lebih peduli terhadap perencanaan saat akan memiliki anak.

"(Wanita usia 30-an cenderung) Mencari cara perawatan sebelum kehamilan dan telah merencanakan kehamilan mereka," jelas Goisis seperti dilansir Harpers Bazaar.

Goisis juga mengungkapkan wanita yang melahirkan di usia 40-an memang cenderung lebih banyak memberikan ASI dan membacakan cerita kepada anak serta lebih jarang yang merokok. Akan tetapi, memiliki anak di usia 40-an juga memiliki risiko obesitas pada anak. Pasalnya, wanita yang memiliki bayi di usia 40-an cenderung tidak seaktif wanita di usia 20-an dalam mengajak anak mereka bermain.

(baca: Mengganti Popok Bayi, Baiknya Tiap Berapa Jam?)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement