Jumat 06 May 2016 19:49 WIB

Mau Liburan Menantang? Coba Taklukkan Umbul Sidomukti

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Achmad Syalaby
Wahana Flying Fox di Umbul Sidomukti
Foto: Antara
Wahana Flying Fox di Umbul Sidomukti

REPUBLIKA.CO.ID, UNGARAN—Libur panjang yang terjadi pada akhir pekan lalu membuat sejumlah objek wisata di Kabupaten Semarang kebanjiran pengunjung. Hampir semua tempat wisata di daerah ini masih menjadi pilihan keluarga untuk menikmati liburan.

Sejumlah pengelola obyek wisata mengakui, kunjungan pada libur panjang akhir pekan ini bahkan telah melampaui kunjungan pada hari libur biasa. Salah satunya di obyek wisata Umbul Sidomukti, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang.

Manajer PT Panorama Agro Sidomukti, Bambang Ari Wijanarko mengatakan, lonjakan pengunjung di tempat wisata yang ada di Kabupaten Semarang ini sudah terjadi sejak Kamis (5/5).

Menurut dia, pada hari pertama libur panjang akhir pekan ini, jumlah pengunjung obyek wisata Umbul Sidomukti mencapai seribu orang per hari. Dibandingkan dengan hari libur akhir pekan biasa, jumlah pengunjung ini melonjak hampir dua kali lipat.

Lonjakan kunjungan wisatawan ini, masih akan berlangsung mengingat masa liburan panjang bakal berlangsung hingga Ahad (8/5). Menurut dia, pada libur panjang akhir pekan kali ini jumlah pengunjung obyek wisata Umbul Sidomukti bisa lebih dari 5 ribu orang. 

 Jumlah kunjungan pada liburan panjang akhir pekan ini didominasi para pengunjung kolam renang alam dan pondok kopi. Karena kedua wahana ini masih menjadi favorit keluarga untuk menikmati obyek wisata alam ini. “Rata- rata pengunjung yang datang pada liburann kali ini merupakan pengunjung asal luar kota. Baik luar kota yang ada di Provinsi Jawa Tengah maupun luar Jawa Tengah,” ungkapnya, Jumat (6/5).

 Bambang juga menyampaikan, pada liburan panjang akhir pekan ini, salah satu wahana yang mampu menyedot animo pengunjung adalah paralayang tandem. Kebetulan pada masa libur panjang kali ini cuaca cukup mendukung.

 Pengalaman menikmati panorama kawasan Umbul Sidomukti dengan paralayang ini banyak peminat, meski dibanderol Rp 350 ribu per orang dan Rp 50 ribu untuk sewa kamera agar bisa mendapatkan video pengalaman terbang tersebut.“Sehingga pengalaman menjelajah dengan paralayang, kini menjadi wahana adventur yang paling diminati pengunjung Umbul Sidomukti, saat ini,” tegasnya.

 Selain di obyek wisata Umbul Sidomukti, salah satu lokasi wahana wisata keluarga yang menjadi tujuan para wisatawan adalah Kampoeng Kopi Banaran. Tak hanya bagi warga Kabupaten Semarang namun juga pengunjung dari luar daerah.

 Selain wisata agro, obyek yang menawarkan berbagai arena permainan anak- anak dan pengalaman menjelajahi kebun kopi banjiran pengunjung.  Asisten Manajer Kampoeng Kopi Banaran, Dicky Pramudito mengatakan, tak semua wahana permainan di obyek wisata ini berbayar. Pengunjung --terutama anak- anak--  bebas bermain di taman, dengan berbagai fasilitas permainan yang ada.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement