Jumat 06 May 2016 12:10 WIB

Cari Makanan Halal? Unduh Dulu Aplikasi Have Halal

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Indira Rezkisari
Aplikasi Havel Halal Will Travel
Foto: IG Have Halal
Aplikasi Havel Halal Will Travel

REPUBLIKA.CO.ID, KUALA LUMPUR - Traveler Muslim saat akan berkunjung ke beberapa kota di luar negeri selalu bertanya mengenai rekomendasi tempat makan yang halal. Restoran yang benar-benar halal akan sangat sulit ditemukan dan ada kekhawatiran jika menu makanan tidak sepenuhnya halal.

Lalu apa yang harus dilakukan oleh para traveler Muslim? Kini ada aplikasi Have Halal Will Travel (HHWT), aplikasi panduan wisata untuk wisatawan Muslim.

Pengembang aplikasi HHWT, Melvin Goh, Tengku Suzana dan Elaine Tee, pertama kali menemukan ide membuat aplikasi ini saat mereka bertemu di Seoul. Goh mengatakan, ia merasa kesulitan dalam menemukan makanan halal saat sedang mengikuti program pertukaran mahasiswa selama enam bulan di Seoul, Korea Selatan pada 2013 lalu.

"Kami menemukan tidak banyak pilihan makanan halal. Kami tidak tahu apakah bisa mengandalkan informasi online. Bahkan kami harus membuang waktu 40 menit mencari restoran halal," jelasnya, dilansir dari The Malay Mail Online.

Menyadari betapa frustrasinya wisatawan Muslim untuk mencari makanan halal saat traveling, ketiganya memutuskan untuk membuat situs dengan konten yang dapat membantu mengatasi masalah ini.

Kemudian situs www.havehalalwilltravel.com resmi diluncurkan pada 2015, dengan unggahan mingguan mengenai panduan wisata dan makanan halal. Perkembangan yang pesat dari situs ini membuat Goh, Suzana, dan Tee memutuskan untuk meninggalkan pekerjaan mereka di lembaga media lokal untuk fokus pada HHWT.

"Singkatnya, kami berusaha menginspirasi umat Islam untuk melihat dunia. Misi kami adalah untuk memudahkan umat Islam di manapun untuk mengeksplorasi berbagai negara. Itu sebabnya kami terus meningkatkan kualitas isi konten," jelas Suzana.

Salah satu cara HHWT menarik pengguna adalah dengan membuat aplikasi melalui platform media sosial. Secara personal, pengguna bisa memberi komen dan pertanyaan ke sesama pengguna.

"The Travel HHWT Planner App mungkin adalah aplikasi mobile pertama yang fokus pada perencanaan perjalanan khusus untuk wisatawan Muslim," kata Suzana.

Sementara wisatawan sulit mengandalkan berbagai sumber untuk mencari informasi, aplikasi ini dapat membantu proses perencanaan perjalanan. HHWT memungkinkan wisatawan untuk dengan mudah menemukan restoran halal, terutama yang menyajikan masakan lokal yang lezat, seperti bibimbap dan ramen halal.

Kota pertama yang ada dalam aplikasi adalah Seoul. Pengguna dapat menemukan tempat yang mereka ingin kunjungi di Seoul dan menambahkannya ke aplikasi, yang bebas digunakan. Tee percaya HHWT akan bermanfaat bagi semua orang yang ingin merasakan budaya lokal suatu negara dan juga mencoba makanan halal lokal.

"Kami sedang berusaha untuk memberikan fasilitas perencanaan perjalanan sesederhana mungkin, sehingga wisatawan tidak lagi harus melalui kerumitan melalui berbagai situs dan buku panduan untuk merencanakan perjalanan mereka," jelas Tee.

Aplikasi HHWT telah melalui proses yang rumit terutama dalam pengumpulan data. Menurut Goh, Setiap data dalam aplikasi dikumpulkan sendiri oleh tim, seperti alamat dan lokasi di peta, hingga foto.

Dengan banyaknya waktu yang terkuras, Goh menjamin HHWT dibuat secara akurat. Sebab ia tahu betapa pentingnya aplikasi ini bagi pengguna Muslim

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement