Jumat 06 May 2016 08:53 WIB

Yuk, Pahami Istilah Kedaluwarsa Makanan

Rep: C27/ Red: Indira Rezkisari
Tanggal peringatan kedaluwarsa makanan.
Foto: wikipedia
Tanggal peringatan kedaluwarsa makanan.

REPUBLIKA.CO.ID, Ketika membeli makanan, hal pertama yang harus Anda cek adalah tanggal kedaluwarsa. Tapi tunggu dulu, ternyata tanggal kedaluwarsa pada label sering pula malah membingungkan.

Sebenarnya tanggal kedaluwarsa pada label makanan tidak selalu menunjukan larangan untuk mengonsumsinya. Tanggal yang tertera pun sering kali tidak hanya berlabel 'expiration'  atau sering disingkat "exp". Terkadang juga label yang digunakan bermacam-macam seperti 'expires on', 'sell by', atau 'best before'.

Meski sebagian besar tanggal yang tertera tidak ada hubungannya dengan kondisi makanan aman untuk dikonsumsi, tapi hal itu menjadi peringatan untuk konsumen. Menurut Dana Gunders ilmuwan senior di Dewan Sumber Daya Pertahanan Nasional (NRDC), tidak ada istilah yang ditetapkan secara bersama untuk merujuk arti yang diinginkan dalam makanan.

Dikutip dari Foxnews, berikut ini beberapa keterangan label yang mungkin akan sedikit membantu Anda memahami maksud tanggal yang tertera.

'Packed on' atau 'dikemas pada' menjelaskan tentang tanggal produk dimasukkan pada bagian pembungkus. Anda bisa mengabaikannya, tapi coba lihat keterangan, terkadang pembungkus itu menjelaskan tanggal baik mengonsumsi makanan setelah beberapa waktu pengemasan.

'Sell by' atau 'dijual' menunjukan tanggal yang tepat untuk memajang produk tersebut di rak-rak toko. Tanggal ini tidak perlu Anda pedulikan sebab biasanya toko sudah mengganti sebelum tanggal tersebut keluar dari batasnya.

'Best by', 'use by', 'best if used by', dan 'best before' istilah tersebut  memiliki arti yang sama untuk menunjukan batas kualitas terbaik dari produknya. Setelah tanggal tersebut tekstur dan warna bisa saja berubah, dan mungkin rasa pun akan mulai berbeda. Hal ini menunjukan jika makanan sebaiknya tidak dikonsumsi sebab sudah tidak aman.

'Freeze by', dan 'use or freeze by' atau 'dibekukan' menunjukan saran produsen untuk membimbing Anda membekukan produk tersebut hingga berapa lama bertahan di mesin pendingin untuk tetap memberikan kualitas optimal.

'Expires on' atau kedaluwarsa ini dalam praktiknya menunjukan makan tidak boleh lagi dikonsumsi oleh Anda. Hanya saja, ternyata tanggal kadaluarsa yang tercetak sering kali tidak sesuai dengan ketahanan produk, bisa lebih lama atau malah basi lebih cepat.

(baca: Eric Kayser Kenalkan Beragam Roti Khas Prancis)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement