Kamis 05 May 2016 08:09 WIB

Keren, Terowongan Kereta yang Terbuat dari Pepohonan

Rep: C27/ Red: Indira Rezkisari
Terowongan pohon di lintasan kereta Klevan Ukraina.
Foto: Amusing Planet
Terowongan pohon di lintasan kereta Klevan Ukraina.

REPUBLIKA.CO.ID, KLEVAN -- Pemandangan di lintasan kereta api hampir selalu memikat ketika dilewati, terlebih lagi jika Anda menginjakkan kaki di rute antara Klevan dan desa Orzhiv, Ukraina. Sebuah perlintasan kereta api tetutupi dengan ranting kayu dan dedauan sehingga mirip terowongan alam yang pastinya indah untuk diabadikan.

"Tunnel of Love" julukan bagi perlintasan yang berjarak tujuh kilometer dari Kovel-Rivene itu. Terdapat dua perlintasan yang terdapat pada rute itu, satu menuju Klevan dan satunya menuju ke pangkalan militer rahasia di dalam hutan yang digunakan pada era Perang Dingin.

Awalnya trek yang memang tersembunyi ini sengaja ditanami pohon pada sekitar lintasannya. hal tersebut berguna untuk menyembunyikan pengangkutan persenjataan militer dari pihak musuh. Tapi tahun demi tahun, perlintasan ini justru mirip terowongan yang indah hasil karya alam.

Sebenarnya "Tunnel of Love" dapat dikatakan terjadi secara alami, sebab terowongan ini tidak dibuat secara sengaja, tapi terjadi sebab sering dilewati oleh lokomotif dari pabrik kayu lapis Odek di desa Orzhiv. Karena sering dilewati setiap waktu, maka ranting dari pohon beradaptasi membentuk pola terowongan yang bisa dilintasi oleh kereta api.

 

Dikutip dari Amusing Planet, panjang terowongan tersebut belum dipastikan, hanya saja panjangnya dimulai dari beberapa ratus meter setelah pabrik, sehingga diperkirakan sekitar 3 hingga 4 kilometer.  Terowongan ini sering sekali digunakan untuk berfoto oleh wisatawan, meski pun kewaspadaan harus ditingkatkan karena kereta memang masih hilir mudik melewati jalur tersebut.

(baca: Uniknya Museum Toilet di India)

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement