Senin 02 May 2016 11:38 WIB

4 Persiapan Keuangan Bagi Wanita Lajang

Sebelum berusia 30 tahun, lakukan perencanaan keuangan yang matang hingga bisa memastikan pensiun dengan tenang.
Foto: Republika/Prayogi
Perencanaan keuangan

Selalu Sediakan Dana Darurat

Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Mungkin saja akan ada hal-hal yang memaksa kita mengeluarkan dana di luar rencana anggaran belanja bulanan. Dalam mengantisipasi hal tersebut, selalu sediakan dana darurat cair dan siap digunakan.

Simpan dalam tempat berbeda dengan dompet Anda supaya ketika uang tersebut segera dibutuhkan, Anda tidak memakan waktu lama untuk pergi ke ATM dan melakukan tarik tunai.

Mulailah Berinvestasi untuk Masa Depan

Anda hanyalah perempuan yang belum menikah, bukan tidak akan menikah. Anda akan memiliki kehidupan dengan keluarga kecil Anda di masa depan. Hal tersebut harus Anda siapkan juga, termasuk dengan cara melakukan investasi mulai dari saat ini.

Investasi tersebut tak harus investasi dalam jumlah besar. Mulailah berinvestasi dengan nominal kecil seperti membuat deposito atau dengan membeli emas atau logam mulia. Merasa memiliki dana lebih besar daripada sekadar investasi emas? Anda bisa menggunakannya untuk investasi tanah atau rumah. Banyak pilihan yang bisa Anda pilih untuk berinvestasi, hanya bagaimana Anda mampu melakukannya secara disiplin dan tidak menggunakan investasi tersebut untuk kepentingan Anda saja.

Itulah 4 tips mudah yang bisa Anda jadikan pedoman untuk mengelola keuangan Anda. Ingatlah, tanpa pengelolaan yang baik, segala pekerjaan yang mudah bisa menjadi runyam dan merepotkan diri sendiri. Jangan terlena dengan keadaan ketika Anda sudah memiliki pendapatan namun masih single. Justru saat inilah masa rawan yang harus Anda perhatikan dan kelola dengan baik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement