Ahad 01 May 2016 01:41 WIB

Tips Sukses Memulai Usaha dari Pendiri Kaskus

Rep: C34/ Red: Indira Rezkisari
Andrew Darwis
Foto: Republika/Prayogi
Andrew Darwis

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Salah satu pendiri Kaskus, Andrew Darwis, punya tips khusus untuk anak muda yang ingin memulai usaha. Menurut pria yang dikenal sebagai Mimin Kaskus ini, kunci utama adalah berani mencoba.

"Harus mau mencoba dan berani ngejalanin, anak muda biasanya punya banyak ide dan rencana tapi susah kalau enggak ada niat buat ngejalanin," tutur pria kelahiran 1979 ini saat ditemui di konferensi pers film Sundul Gan: the Story of Kaskus, Kamis (28/4).

Saat merintis Kaskus yang mulai terbentuk 6 November 1999 itu, Andrew dan rekannya Ken Dean Lawadinata juga menerapkan hal sama. Mereka memberanikan diri mengembangkan bisnis Kaskus hanya dengan modal Rp 30 ribu.

Kini, Kaskus sudah menjadi situs forum daring terbesar di Indonesia. Meski demikian, dalam perjalanannya, Andrew dan Ken masih menghadapi berbagai masalah.

Masalah terbesar, ungkap Andrew, ialah seputar teknologi seperti mencari programmer dan developer. Meski begitu, Andrew yang meraih gelar master dari Computer Science di City University Seattle itu tetap mengatasinya dengan kepala dingin.

"Ada juga masalah pengambilan keputusan, apalagi saya enggak ada pengalaman dalam organisasi gede. Kami tuh benar-benar trial and error," ucapnya.

Perjalanan Andrew dan Ken mengembangkan Kaskus tersebut kini dituangkan dalam film berjudul Sundul Gan: The Story of Kaskus besutan 700 Pictures. Film bernuansa komedi yang disutradarai Naya Anindita dengan bintang utama Albert Halim dan Dion Wiyoko itu akan tayang perdana pada 2 Juni 2016.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement