Sabtu 30 Apr 2016 09:34 WIB

Pemkab Banyumas akan Gelar Festival Serayu 2016

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Dwi Murdaningsih
Tim arung jeram.(ilustrasi).  (Antara/Hafidz Mubarak A)
Tim arung jeram.(ilustrasi). (Antara/Hafidz Mubarak A)

REPUBLIKA.CO.ID, BANYUMAS –- Pemkab Banyumas melalui Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan Pariwisata (Dinporabudpar), kembali menggelar Festival Serayu Banyumas 2016. Festival yang sudah menjadi even tahunan Pemkab, akan berlangsung dua hari, 21-22 Mei 2016.

Kepala Bidang Pariwisata Dinporabudpar Banyumas, Deskart Setyo Jatmiko mengatakan, festival kali ini rencananya akan dihadiri Gubernur dan Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. "Gubernur dan pejabat dari Kementerian Pekerjaan Umum rencananya akan hadir karena kegiatan Festival Serayu akan dibarengkan dengan peringatan Hari Air se-Dunia yang diperingati setiap 22 Maret," ujarnya, Jumat (29/4).

Menurutnya, konsep penyelenggaraan Festival Serayu tahun ini tidak berbeda dengan even yang digelar tahun-tahun sebelumnya. Festival tersebut menyuguhkan adu ketangkasan awak perahu pengangkut pasir dan karnaval perahu hias.

"Yang berbeda dengan tahun lalu, Festival Serayu kali ini akan dilaksanakan selama dua hari. Hari pertama diisi dengan kegiatan balapan perahu pasir di Bendung Gerak Serayu, dan hari kedua Karnaval Perahu Hias menyusuri alur sungai sepanjang sekitar 3 km dari Desa Sokawera Kecamatan Patikraja dan berakhir di Bendung Gerak Serayu," katanya.

Jatmiko berharap, seluruh kelompok penambang pasir di seluruh Banyumas bisa mengikuti balapan perahu pasir. Pendaftaran untuk balapan perahu, kami buka tanggal 16-18 Mei. Sedangkan pesertanya, setiap tim beranggotakan 11 orang dan harus ber KTP Banyumas. Demikian juga untuk karnaval perahu hias, dia berharap para penambang pasir di sungai Serayu yang seluruhnya merupakan penambang tradisional dengan menggunakan perahu, bisa ikut memeriahkan.

Menurutnya, partisipasi institusi tersebut bisa dilakukan dengan menyewa perahu penambang dengan harga sewa hanya Rp 400 ribu. "Perahu tersebut wajib dihias sesuai kreatifitas yang mencerminkan adat seni dan budaya Banyumas. Selain itu, sejak dari titik start sampai ke finish, peserta juga diwajikan menampilkan atraksi seni budaya di atas perahu," katanya.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement