Kamis 28 Apr 2016 09:07 WIB

Tiket Kereta Libur Panjang Masih Tersedia

Calon penumpang sedang mengantri saat sedang mencetak tiket kereta di Stasiun Senen, Jakarta, Jumat (1/4). Pembelian tiket untuk mudik Lebaran atau H-90 hari sebelum hari pemberangkatan sudah dapat dibeli namun terdapat beberapa ketentuan, di antaranya set
Foto: Republika/Tahta Aidilla
Calon penumpang sedang mengantri saat sedang mencetak tiket kereta di Stasiun Senen, Jakarta, Jumat (1/4). Pembelian tiket untuk mudik Lebaran atau H-90 hari sebelum hari pemberangkatan sudah dapat dibeli namun terdapat beberapa ketentuan, di antaranya set

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Kereta Api Indonesia menyatakan tiket akhir pekan masih tersisa untuk keberangkatan tanggal 2, 6, 7 dan 8 Mei dalam masa libur akhir pekan panjang.

Senior Manajer Humas Daop 1 Jakarta Bambang S Prayitno dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (28/4), mengatakan dari data terakhir per 27 April, penjualan tiket kereta saat akhir pekan (5-8 Mei) mayoritas sudah habis terjual. Bambang menambahkan dari rentang waktu tersebut untuk keberangkatan tanggal 4 dan 5 Mei tingkat okupansinya sudah mencapai 100 persen.

"Namun demikian, bagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan dengan KA-KA lainnya tiket masih cukup tersedia keberangkatan tanggal 2, 6, 7 dan 8 Mei," katanya.

Dia mengatakan tiket yang habis itu, baik untuk keberangkatan kereta api dari Stasiun Pasar Senen ataupun Stasiun Gambir. Bambang menyebutkan, tiket kereta yang habis terjual seperti di antaranya KA Argo Anggrek Malam tujuan Gambir-Surabaya Pasar Turi, KA Gajayana tujuan Gambir-Malang, KA Bima tujuan Gambir-Malang, KA Taksaka Pagi dan KA Taksaka Malam dengan tujuan Gambir-Yogyakarta.

Bambang menambahkan tidak hanya untuk keberangkatan dari Stasiun Gambir, keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen juga demikian. Dia menyebutkan rata-rata 100 persen pada keberangkatan 4 dan 5 Mei.

"Bahkan untuk keberangkatan dari Pasar Senen pada tanggal 2 sampai dengan 8 Mei, juga sudah 100 persen tingkat okupansinya," katanya.

Untuk kereta keberangkatan Stasiun Pasar Senen yang sudah habis terjual, di antaranya KA Matarmaja tujuan Pasar Senen-Malang, KA Gayabaru Malam tujuan Pasar Senen-Surabaya, KA Progo tujuan Pasar Senen-Lempuyangan, KA Bengawan tujuan Pasar Senen-Surabaya Gubeng.

"Kami mengimbau kepada calon penumpang agar tidak melakukan pembelian tiket melalui jasa-jasa perorangan. Ini dikarenakan bisa berakibat fatal atau tiket tidak bisa digunakan karena palsu, dengan begitu akan sangat merugikan penumpang itu sendiri," katanya.

Untuk keamanan dan kenyaman bersama, kepada pengguna jasa KA untuk kemudahan proses "boarding" di stasiun, KAI tetap mengimbau agar selalu melakukan pemesanan/pembelian tiket menggunakan identitas asli SIM, KTP, KK, passpor sesuai dengan calon penumpang yang melakukan perjalanan.

Selain itu, penumpang juga tidak diperbolehkan membawa barang bawaan yang berlebihan tidak melebihi 20 kilogram (tas tangan), barang bawaan yang memakan ruang dan tempat, dilarang membawa binatang, buah-buahan yang berbau menyengat (durian, cempedak), senjata tajam, senjata api yang tidak berizin.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement