Selasa 26 Apr 2016 12:17 WIB

Komikus Senior Hingga Indie di ComicFest ID

ComicFest ID
Foto: dok: ComicFest ID
ComicFest ID

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komikus senior hingga indie dan kontemporer dipastikan tampil di ajang "ComicFest ID" pada 28 hingga 29 Mei mendatang di SMESCO Exhibition Hall, Jakarta, dengan menghadirkan karya-karya terbaik.

"ComicFest ID memang event yang dirancang khusus dengan membawa visi untuk mengapresiasi karya komikus Indonesia dari yang indie hingga senior," ujar Chris Lie, Direktur Utama PT Wahana Inspirasi Nusantara, penyelenggara ComicFest ID dalam keterangan tertulis, Selasa (26/4).

Hingga saat ini terdata 60 exhibitor dan komikus yang memastikan diri berpartisipasi di ajang yang mengusung hashtag #MajuTerusKomikIndonesia. Bahkan jumlahnya diperkirakan terus bertambah hingga 80 peserta pada akhir pendaftaran di pertengahan Mei 2016.

"Kami menyediakan space gratis bagi para komikus senior untuk menghargai perjuangan mereka dulu," ujar Chris Lie.

Penyelenggara "ComicFest ID" sendiri membagi exhibitor menjadi tiga bagian yakni Corporate Booth, Artist Alley, dan Comic Market.

Khusus untuk Comic Market memang sengaja dimaksudkan untuk membuka kesempatan seluas-luasnya bagi para komikus untuk menjual produknya yang dicetak secara indie (tanpa ISBN). Sementara buku komik dengan ISBN yang berarti telah dicetak secara massal hanya boleh dijual di Artist Alley.

Sementara itu, Andik Prayogo, creative director PT. Wahana Inspirasi Nusantara menambahkan bahwa ComicFest ID juga merupakan event pop-culture pertama di Indonesia yang mengusung program CSR oleh perusahaan sponsor yang berniat untuk berkontribusi langsung terhadap perkomikan lokal melalui program Booth Cashback di mana para komikus indie yang namanya terpilih akan dibiayai sewa booth-nya oleh sang sponsor.

"Jadi para perusahaan sponsor bisa berperan lebih dalam dan memberikan manfaat langsung kepada komikus indie melalui program CSR ini," pungkas Andik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement