Senin 25 Apr 2016 08:10 WIB

Ini Cara Mona Ratuliu Ajari Anak Cinta Lingkungan

Rep: c34/ Red: Andi Nur Aminah
Mona Ratuliu
Foto: c34
Mona Ratuliu

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presenter Mona Ratuliu punya cara khusus untuk mengajarkan anak-anaknya cinta lingkungan. Perempuan 34 tahun itu kerap memakai hal kecil yang dianggapnya efektif.

"Misalnya dikasih tahu buang sampah harus pada tempatnya dan bagaimana memilah sampah yang bisa didaur ulang atau enggak," kata Mona.

Ibunda dari Davina Shava Felisa, Barata Rahadian Nezar, dan Syanala Kania Salsabila itu mengatakan edukasi kebiasaan sehari-hari harus dilakukan orang tua dengan cara yang soft. Dengan begitu, anak tidak merasa seperti diceramahi atau digurui.

Cara Mona antara lain menyelipkannya dalam sejumlah permainan. Bisa juga, ungkapnya, menyampaikan penjelasan lewat cerita sehari-hari atau dongeng sebelum tidur.

"Bisa tentang banyak hal, misalnya hemat air atau cinta lingkungan. Yang penting anak merasa fun sehingga pesannya lebih terserap," kata ia.

Selain kepada anak, Mona juga menularkan pesan cinta lingkungan kepada keluarga dan teman-teman terdekatnya. Asisten rumah tangga (ART) yang ia pekerjakan juga tak luput dari aksi itu.

Mona mengaku menyarankan sang ART untuk ikut arisan sampah. Caranya, mengumpulkan sampah-sampah plastik yang masih bisa didaur ulang dan mengumpulkannya di bank sampah.

"Itu bisa diolah lagi untuk tas dan macam-macam yang namanya trashion. Menurut aku sangat penting karena apa yang kita lakukan hari ini akan berpengaruh untuk kehidupan anak-anak di masa depan," tutur pemeran tokoh Poppy dalam sinetron Lupus Milenia itu.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement