Ahad 24 Apr 2016 09:25 WIB

Tips Memasak Sup Asparagus

Rep: c34/ Red: Andi Nur Aminah
Sup asparagus
Foto: Guardian
Sup asparagus

REPUBLIKA.CO.ID, Asparagus adalah salah satu jenis sayuran yang penuh khasiat dan lezat untuk dijadikan bahan masakan. Menu sup asparagus, misalnya, sangat tersohor sebagai menu pembuka yang digemari banyak orang. 

Sejumlah buku resep juga menawarkan berbagai tips untuk meracik sup dari tanaman berbahasa Latin Asparagus officinalis ini. Dilansir Guardian, berikut sejumlah tips memasak sup asparagus yang dirangkum dari Vegetable Book karya Jane Grigson, Absolute Favourites karya Mary Berry, Four Seasons Cookery Book karya Margaret Costa, Classic Vegetarian Cookery karya Arto der Haroutunian, serta Just Soup, buku baru Henrietta Clancy.

 

Bahan dasar sup

Grigson dan Clancy menganggap air rebusan asparagus adalah bahan dasar yang terbaik. Sedangkan, Costa dan Berry memakai rebusan kaldu ayam untuk menambah kegurihan pada sup. Der Haroutunian, cukup berbeda dengan memakai semacam saus putih yang membuat sup asparagus miliknya terasa seperti lasagna asparagus.

 

Pengental

Berry menggunakan kentang floury yang lezat sebagai pengental. Sedangkan Clancy memakai kaldu bertekstur kenyal dengan kacang dan lobak. Penambahan tepung, seperti yang digunakan oleh Grigson dan Costa, tampaknya cara paling sederhana untuk memberikan sedikit kekentalan pada sup. Sebagai tambahan, Costa juga menambahkan kuning telur dalam sup panasnya sementara Der Haroutunian menambah rasa creamy dengan susu.

 

Penyedap rasa

Grigson dan Berry menambahkan bawang (plus bawang putih khusus Grigson) yang digoreng dengan mentega ke dalam sup. Costa merebus bawang merah bersama dengan batang asparagus, dan Clancy menambahkan daun bawang untuk bahan dasarnya. Untuk rasa yang sempurna, Der Haroutunian mengingatkan penggunaan sedikit garam, pala, merica, dan rempah-rempah lain sesuai selera.

 

Garnish

Ada banyak pilihan penghias hidangan alias garnish untuk sup asparagus. Anda bisa memakai kucai cincang seperti Berry atau parutan pecorino (keju bertekstur keras) seperti Clancy. Grigson, sementara itu, suka menambahkan garnish berupa taburan crouton (potongan roti berbentuk dadu) kecil yang digoreng dengan mentega.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement