Jumat 22 Apr 2016 06:18 WIB

Menengok Jejak Bersuci Prabu Siliwangi di Hulu Citarum

Rep: c26/ Red: Bilal Ramadhan
Situ Cisanti yang menjadi hulu Sungai Citarum
Foto: Republika/C26
Situ Cisanti yang menjadi hulu Sungai Citarum

REPUBLIKA.CO.ID, Sosok Sri Baduga Maharaja atau lebih dikenal dengan Prabu Siliwangi begitu dibanggakan masyarakat Jawa Barat. Menjadi Raja Kerajaan Padjadjaran yang diagungkan rakyatnya.

Kisahnya begitu misterius. Hingga akhir hayatnya, tak ada yang tahu di mana lokasi pasti Prabu Siliwangi dikubur. Banyak mitos yang berkembang mulai dari menghabiskan sisa hidupnya bertapa di Gunung Wayang hingga sosoknya berubah menjadi Harimau putih yang senantiasa menjaga Jawa Barat.

Prabu Siliwangi diceritakan merupakan sosok raja yang amat dicintai rakyatnya. Siliwangi tidak pernah betah hanya berada di dalam istana. Siliwangi berkelana ke segala pelosok Jawa Barat.

Salah satunya konon Prabu Siliwangi yang mudanya lebih dikenal dengan Raden Pemanah Rasa pernah menjejakkan kakinya di sebuah tempat yang menjadi sumber kehidupan masyarakat Jawa Barat dan sekitarnya yakni hulu sungai Citarum.

Di tengah-tengah hutan di Kampung Pejaten Desa Tarumajaya, Kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung inilah sumber mata air sungai Citarum berada. Konon Prabu Siliwangi pernah bersuci dengan air yang sangat jernih itu.

Juru pelihara Hulu Sungai Citarum, Atep Permana (38) menunjukkan kepada Republika mata air yang menjadi salah satu jejak Prabu Siliwangi. Atep menceritakan di sebuah kolam kecil yang airnya sangat jernih di sudut Situ Cisanti, Prabu Siliwangi pernah mandi untuk mensucikan diri sebelum pergi ke Gunung Wayang.

"Di masa kerajaan Pajajaran dulu sebelum ke Gunung Wayang, Prabu Siliwangi mandi disini bersuci di mata air Citarum sebelum akan bertapa," kata Atep kepada Republika.co.id beberapa waktu lalu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement